Halaman

Selasa, 26 November 2019

Deskripsi “BUKU”




Nama : ervin apip widiawan
Nim : A1D18082
Ruang/semester : r004/3

“BUKU”



Buku menurut Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia disebutkan bahwa buku adalah helai kertas berjilid yang berisikan tulisan untuk dibaca atau kosong untuk ditulis. Menurut wikipedia yaitu Buku adalah kumpulan kertas atau bahan lainnya yang dijilid menjadi satu pada salah satu ujungnya dan berisi tulisan, gambar, atau tempelan. Setiap sisi dari sebuah lembaran kertas pada buku disebut sebuah halaman.                                                    
Surahman dalam Fella tahun 2014, Secara umum buku dibagi menjadi empat jenis, yaitu Buku sumber, yaitu buku yang biasa dijadikan rujukan, referensi, dan sumber untuk kajian ilmu tertentu, biasanya berisi suatu kajian ilmu yang lengkap.  Buku bacaan, adalah buku yang hanya berfungsi untuk bahan bacaan saja, misalnya cerita, legenda, novel, dan lain sebagainya.  Buku pegangan, yaitu buku yang bisa dijadikan pegangan guru atau pengajar dalam melaksanakan proses pengajaran.  Buku buku teks, yaitu buku yang disusun untuk proses pembelajaran, dan berisi bahan-bahan atau materi pelajaran yang akan diajarkan.  Buku teks pelajaran adalah buku teks wajib yang digunakan disekolah yang berisikan materi pembelajaran dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional.Oleh karena itulah, buku teks pelajaran merupakan proses untuk melakukan penilaian yang objektif untuk menjamin mutu isi, metode palajaran, bahas dan grafiknya.
Echols&Sadily,2006:584  Menurutnya, Textbook memiliki padanan kata dengan buku pelajaran.
Crowther, 1995: 1234 Menurutnya, buku teks dijelaskan sebagai a book giving instruction in a subject used especially in schools (buku yang memberikan petunjuk dalam sebuah pelajaran, khususnya disekolah)
Tarigan dan Tarigan, 1986:13 Menurutnya, buku teks adalah buku pelajaran dalam bidang studi tertentu yang merupakan buku standar yang disusun oleh pakar dalam bidangnya untuk maksud-maksud dan tujuan instruksional yang dilengkapi dengan sarana pengajaran yang serasi dan mudah dipahami oleh pemakainya disekolah maupun diperguruan tinggi sehingga dapat menunjang sesuatu program pengajaran.
Buckingham, 1958 :1523 Menurutnya, buku teks adalah sarana belajar yang digunakna disekolah-sekolah dan di perguruan tinggi untuk menunjang suatu program pengajaran.
Hall_Quest, 1915 Menurutnya, buku teks adalah rekaman pikiran rasional yang disusun untuk maksdud dan tujuan tujuan instruksional.
Lange, 1940 Menurutnya, buku teks adalah buku standar atau buku setiap cabang studi dan dapat terdiri dari dua tipe, yaitu buku tokok dan buku tambahan.
Bacon, 1935 Menurutnya, buku teks adalah buku yang dirancang untuk penggunaan dikelas, dengan cermat disusun dan disiapkan oleh para pakar atau ahli dalam bidang tersebut dan dilengkapi dengan sarana-saran pengajaran yang sesuai dan serasi.
Kesimpulan dari pengertian diatas, buku teks adalah buku pelajaran dalam bidang studi tertentu yang merupakan buku standar yang disusun oleh para pakar dalam bidang yang bertujuan untuk memberikan instruksional, yang dilengkapi dengan sarana-saran pengajaran serasi sehingga mudah dipahami pleh pemakainya dan dapat menunjang suatu program pengajaran.                                                                                                                        Sejarah wikipedia: Ada berbagai sumber yang menguak sejarah tentang buku. Awalnya buku pertama disebutkan lahir di Mesir pada tahun 2400-an SM setelah orang Mesir menciptakan kertas papirus. Kertas papirus yang berisi tulisan ini digulung dan gulungan tersebut merupakan bentuk buku yang pertama. Ada pula yang mengatakan buku sudah ada sejak zaman Sang Budha di Kamboja karena pada saat itu Sang Budha menuliskan wahyunya di atas daun dan kemudian membacanya berulang-ulang. Berabad-abad kemudian di Tiongkok, para cendekiawan menuliskan ilmu-ilmunya di atas lidi yang diikatkan menjadi satu. Hal tersebut memengaruhi sistem penulisan di Tiongkok yang huruf-hurufnya ditulis secara vertikal yaitu dari atas ke bawah.
Buku yang terbuat dari kertas baru ada setelah Tiongkok berhasil menciptakan kertas pada tahun 200-an SM dari bahan dasar bambu yang ditemukan oleh Tsai Lun. Kertas membawa banyak perubahan pada dunia. Pedagang muslim membawa teknologi penciptaan kertas dari Tiongkok ke Eropa pada awal abad ke-11. Di sinilah industri kertas bertambah maju. Apalagi dengan diciptakannya mesin cetak oleh Johann Gutenberg perkembangan dan penyebaran buku mengalami revolusi. Kertas yang ringan dan dapat bertahan lama dikumpulkan menjadi satu dan terciptalah buku.                                                                                                    Jenis-jenis buku: Novel, Majalah, Kamus, Komik, Manga, Ensiklopedia, Naskah.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar