Halaman

Selasa, 26 November 2019

Deskripsi “pohon sukun 2”





Nama                           : Nadia Fitri Jeni 
NIM                            : A1D118108
Ruang                          : R-004



Deskripsi tentang pohon sukun




                Dikampus PGSD Unja terdapat berbagai macam jenis tanaman yang tumbuh, salah satunya adalah pohon sukun. Pohon sukun ini tumbuh di dekat aula PGSD . Sukun merupakan salah satu tanaman yang menghasilkan buah namun tidak berbiji, dengan daging buah lembut berwana putih yang hanya mengandung serat halus. Secara umum pohon sukun mampu tumbuh dengan ketinggian 10 sampai 14 meter, bahkan bisa lebih atau kurang tergantung dari tingkat kesuburan pohon sukun itu sendiri.
            Secara umum, pohon sukun memiliki jenis akar tunggang dan termaksud tanaman dikotil atau bijiberkeping dua. Akar pada pohon sukun tumbuh menuju inti bumi, guna mencari ketersediaan air dan unsur hara yang ada didalam tanah. Setiap akar tunggang pohon sukun akan memiliki cabang cabang yang tumbuh secara horizontal, sedangkan akar utamanya akan tumbuh secara vertikal. Hal ini bertujuan untuk mempermudah pencarian sumber air serta unsur hara, selain itu pertumbuhan akar vertikal dan horizontal juga bertujuan untuk memperkuat cengkraman akar didalam tanah sehingga mampu menyokong pohon suku tetap berdiri kokoh.
batang-sukun.jpg
Selanjutnya adalah bentuk, secara umum pohon sukun memilik batang berbentuk bulat memanjang berukuran besar. Batang suku mengandung serat kayu tinggi sehingga sangat kuat sebagai penompang pohon sukun agar tetap berdiri dengan kokoh.
Untuk warna kulit batang sendiri adalah coklat muda dan coklat keputihan, dengan bagian luar kulit kasar apabila diraba menggunakan tangan secara langsung.
Daun Sukun
daun-sukun.jpg
Umumnya, daun sukun memiliki daun dengan panjang mencapaoi 70 sampai 75 senti meter dengan lebar berkisar antara 40 sampai 46 senti meter. Daun ini memiliki tulang menyirip dengan ukuran tulang daun besar dan kuat berwarna hijau muda.
Untuk warna permukaan atas daun, memiliki warna hijau tua mengkilat dengan tekstur sedikit berbulu apabila diraba menggunakan tangan secara langsung. Sedangkan untuk warna permukaan bawah dari hampir sama dengan warna tulang daun yaitu hijau muda.
Daun sukun memiliki beberapa bagian ujung yang runcing, setiap helai daun bisa memiliki 9 bagian ujung runcing, mirip dengan daun singkong hanya saja daun sukun berukuran lebih besar. Untuk fungsi daun sukun sendiri hampir sama dengan daun tanaman lain, yaitu sebagai tempat fotosintesis dan alat pernafasan tanaman.
Buah Sukun
3ff2d22c-752d-4e6e-b333-e181aa054411.jpg
Secara umum buah sukun memiliki bentuk bulat dan oval dengan diameter mencapai 24 sampai 30 senti meter, tergantung dari varietas dan kesuburan tanaman sukun itu sendiri.
Buah sukun memiliki warna hijau muda untuk buah sukun yang masih muda dan hijau kekuningan untuk buah sukun yang sudah tua atau masak. Jika diraba secara langsung menggunakan tangan, kulit buahnya akan memiliki tekstur sedikit kasar untuk buah muda sedangkan buah tua atau sudah masak akan memiliki kulit luar lebih halus.
Untuk daging buahnya sendiri, sukun menghasilkan daging buah berwarna putih polos dan putih kekuningan dengan kandungan serat halus.  Rasa daging buah sukun dominan manis dengan aroma khasnya, buah sukun akan tumbuh dibagian bagian tertentu seperti ketiak daun atau ujung cabang yang memiliki tangkai buah berukuran 5 sampai 7 senti meter.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar