Halaman

Selasa, 26 November 2019

Deskripsi "KELAPA SAWIT"




Nama                          : MelpinaAudinata
Nim                             : A1D118151
Ruang                          : 004
Semester                     : 3
Mata Kuliah              : KetrampilanBerbahasa( mendeskripsikanapapun yang adadisekitarankampus)
DosenPengampu       : 1. Drs. Maryono, M.Pd
                                      2. AgungRimbaKurniawan, S.Pd, M.Pd

KELAPA SAWIT


IniadalahPohonKelapasawit, pohoniniberada di lapangankampus PGSD MuaraBulian.Pohoninimemilikitinggikira - kira 5 m. lapasawit (Elaeisguinensis Jack) berasaldari Nigeria, Afrika Barat.Meskipundemikianada yang menyatakanbahwakelapasawitberasaldariAmerika Selatan yaitu Brazil karenalebihbanyakditemukanspesieskelapasawit di hutan Brazil dibandingkandenganAfrika.Padakenyataannyatanamankelapasawithidupsubur di luardaerahasalnya, seperti Malaysia, Indonesia, Thailand, dan Papua Nugini.Kelapasawit, saatiniberkembangpesat di Indonesia.Masuknyabibitkelapasawitke Indonesia padatahun 1948 hanyasebanyak 4 batang yang berasaldari Bourbon (Mauritius) dan Amsterdam.Keempatbatangbibitkelapasawitditanam di Kebun Raya Bogor danselanjutnyadisebarkanke Deli Sumatera Utara.
BerikutAdalahKlasifikasiKelapaSawit :
1.      Kerajaan : Plantae
2.      Divisi : Magnoliophyta
3.      Kelas : Liliopsida
4.      Ordo : Arecales
5.      Famili : Arecaceae
6.      Genus : Elaeis
7.      Spesies : Elaeisguineensis, Elaeisoleifera
Kelapasawittermasuktanamandaerahtropis.Curahhujan optimal yang dikehendakiantara 2.000 - 2.500 mm per tahundenganpembagianmeratasepanjangtahun. Lama penyinaranmatahari yang optimum antara 5 – 7 jam per hari, dansuhu optimum berkisar 22º - 32ºC. Ketinggian di ataspermukaanlaut yang optimum  berkisar 0 – 500 meter. Kelapasawitmenghendakitanah yang subur, gembur, memilikisolum yang tebal, tanpalapisanpadas, datardandrainasenyabaik.Keasamantanah (pH) sangatmenentukanketersediaandankeseimbanganunsur  –unsurharadalamtanah. Kelapasawitdapattumbuhpada pH 4 – 6,5sedangkan pH optimum berkisar 5 – 5,5. Permukaan air tanahdan pH sangateratkaitannyadenganketersediaanhara yang dapatdiserapoleh air.
Sifatfisika – kimiaminyakkelapasawitmeliputiwarna, bau, rasa, kelarutan, titikcair, titikdidih (boiling point), titikpelunakan, bobotjenis, indeksbias.Warnaminyakditentukanadanyapigmen yang masihtersisasetelah proses pemucatan, karenaasam – asamlemakdangliseridatidakberwarna. Warna orange ataukuningdisebabkanadanyapigmenkarotene yang larutdalamminyak.Baudan rasa dalamminyakterdapatsecaraalami, jugaterjadiakibatadanyaasamlemakberantaipendekakibatkerusakanminyak.Sedangkanbaukhasminyakkelapasawitditimbulkanolehpersenyawaanbetaionone.Titikcairminyaksawitberadadalamkisaransuhu, karenaminyakkelapasawitmengandungbeberapamacamasamlemak yang mempunyaititikcairyang  berbeda –  beda.
Minyakkelapasawitmengandungkadarsterol yang rendahberkisar 360 – 620 ppm dengankadarkolesterolhanyasekitar 10 ppm sajaatausebesar 0,001% dalam CPO. Bahkandarihasilpenelitiandinyatakanbahwakandungankolesteroldalamsatubutirtelursetaradengankandungankolesteroldalam 29 liter minyaksawit. Sehinggaminyaksawit yang diolahmenjadiminyakgorengdapatdikatakanminyakgorengnonkolesterol.Minyakkelapasawitmengandungasamlinoleatdanlinolenat yang rendahsehinggaminyakgorenghasilolahanminyakkelapasawitmemilikikemantapankalor (heat stability) yang tinggidantidakmudahteroksidasi.Olehkarenaitu, minyaksawitsebagaiminyakgorengbersifatlebihawetdanmakanan yang digorengdenganmenggunakanminyaksawittidakcepattengik.
TanamankelapasawitmerupakansalahsatutanamanprimadonaperdaganganeksporIndonesia  pada sub-sektorperkebunandanmerupakansalahsatuindustripertanian yang strategis. Prospeknyaditunjukkanolehpeningkatanproduksi yang sejalandengantingkatpermintaannya.Kelapasawitjugamerupakansalahsatudarisedikitkomoditasagribisnis Indonesia yang memilikidayasaing di pasarinternasional.Tanamankelapasawitmerupakansalahsatutanaman yang berperanbesardalampendapatandevisanegara Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar