Halaman

Selasa, 26 November 2019

Deskripsi "POHON KETAPANG"



Nama                  : Euis Arissah
Nim                     : A1D118150
Ruang/Semester : 004/3


POHON KETAPANG




          Pohon ketapang atau dalam bahasa ilmiahnya Terminalia Catappa, selain itu pohon ini memiliki banyak nama lain seperti, Talisei, Tarisei, Salrise (Sulut) ; Tiliso, Tiliho, Ngusu (Maluku Utara); Sarisa, Sirisa, Sirisai, Sarisalo, dan sebagainya. Dalam Bahasa inggris, tumbuhan ini dikenal dengan nama Bengal Almond, Indian Almond, Tropical Almond dan lain-lain.
           
Pohon ketapang dapat tumbuh dengan tinggi mencapai 40 m dan batang yang dapat mengembang sampai diameter 1,5 m. pohon ini rindang dan bercabang-cabang dan mendatar serta bertingkat-tingkat. Daunnya lebar dan besar, namun memiliki tangkai yang pendek. Warna daunnya seringkali berwarna hijau jika masih muda dan merah jika akan rontok. Bunganya kecil dan seringkali berkumpul di ujung ranting.

           


Pohon ini cocok untuk wilayah dataran rendah, karena pohon ini rindang dan meneduhkan.Pohon ketapangadalah jenis pohon yang kerap ditemukan di tepi pantai. Pohon ini memiliki ciri batang pohon yang lurus dan tumbuh tinggi ke atas dengan batang dan daun tumbuh melebar serta bertingkat-tingkat dan jika dilihat dari kejauhan memiliki bentuk seperti payung yang meneduhkan. Dengan bentuk seperti ini lah, pohon ketapang kerap kali banyak dijumpai tidak hanya disekitar pinggir pantai sebagai tempat berteduh, namun juga dibeberapa titik karena manfaatnya yang dapat meneduhkan bagi yang berada dibawahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar