Halaman

Selasa, 26 November 2019

DESKRIPSI "POHON SUKUN 3”




KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR
“DESKRIPSI POHON SUKUN”

 

DOSEN PENGAMPU :

1. Drs. MARYONO,M.Pd

   2. AGUNG RIMBA KURNIAWAN,S.Pd.,M.Pd

 

Di SusunOleh :

RenyDiansahPutri       (A1D118078)



 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS JAMBI
2019



POHON SUKUN




Apakah kamu pernah melihat pohon sukun? Apa saja bagian-bagian dari pohon sukun?          Pasti kalian semua pernah melihanya bukan. Nah untuk mengetahui lebih lanjut mari kita simak penjelasan mengenai pohon sukun berikut.
            Pohon sukun mempunyai bagian-bagiannya yaitu :
1.      Akar
2.      Batang
3.      Daun
4.      Bunga
5.      Buah
Berikut deskripsi tentang pohon sukun :



1. Akar
Tanaman sukun memiliki perakaran tunggang yang dalam dan akar samping yang dangkal. Akar samping tanaman ini dapat tumbuh tunas yang sering digunakan untuk dijadikan bibit. Jika akar tersebut terlukai atau terpotong, maka akan memacu tumbuhnya tunas alam, yaitu tunas untuk bibit. Pada gambar berikut akar tampak muncul pada permukaan tanah, itu lah akar pada sukun.



2. Batang
Tanaman sukun dapat tumbuh besar dengan ketinggian mencapai 14 meter. Batang tanaman sukun ukuranya besar akan tetapi teksturnya lunak dan mengandung getah yang cukup banyak.

Cabang dari tanaman sukun berjumlah banyak dengan pertumbuhan ke atas. Kulit batang tanaman sukun berwarna hijau kecoklatan dan berserat kasar. Batang pada pohon sukun dapat tumbuh dengan kokoh apabila akar dan batangnya tidak rusak atau tidak dilukai.

3. Daun
Tanaman sukun memiliki daun jenis tunggal bentuknya oval sampai dengan lonjong dengan ukuran cukup besar. Ukuran daun tanaman sukun bervariasi dengan panjang 20-60cm dan lebar 20-40 cm serta panjang tangkainya 3-7 cm.

Bagian pangkal daun membulat dengan ujung runcing dan bagian tepi daun berlekuk menyirip serta terkadang siripnya bercabang. Pada bagian permukaan daun atas berwarna hijau mengkilap dan licin, sedangkan pada bagian bawah berwarna kusam dan kasar. Daun yang masih bagus berwarna hijau muda dan hijau tua, sedangan daun yang akan gugur akan berwarna orange atau kecoklatan.


4. Bunga
Kebanyakan orang tidak tau bagaimana bunga sukun. Bunga sukun berkelamin tunggal (bunga betina dan bunga jantan terpisah), akan tetapi berumah satu (monoceous). Bunga tersebut keluar dari ketiak daun pada ujung cabang dan ranting.

Bunga jantan memiliki warna kuning dan berbentuk seperti tongkat panjang yang disebut dengan ontel. Sedangkan bunga betina berbentuk bulat bertangkai pendek.Penyerbukan bunga tanaman sukun dibantu oleh angin, sedangkan serangga yang biasanya datang kurang berperan didalam membantu penyerbukan. Pada penyerbukan tanaman ini walaupun terjadi, akan tetapi pembuahanya mengalami kegagalan, sehingga buah yang terbentuk tidak menghasilkan biji.

5. Buah
Buah sukun memiliiki bentuk bulat dengan diameter antara 20-29cm. Buah ini memiliki kulit yang tebal dengan duri kasar berwarna hijau kekuningan hingga coklat.
Buah sukun memiliki berat kurang lebih 4 kg dengan daging buah berwarna putih, putih kekuningan atau kuning. Buah sukun merupakan buah yang tidak berbiji (partenocrpy), oleh karena itu terlihat segmen-segmenya menyatu dengan kandungan pati yang cukup besar. Buah sukun dapat dijadikan berbagai macam olahan makanan , contohnya saja seperti kripik sukun, goreng sukun, serta kue yang terbuat dari sukun yang sudah matang.
            Itulahtadideskripsitentangpohonsukun, semogabermanfaatbagikitasemua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar