Halaman

Selasa, 26 November 2019

Deskripsi “JAMBU AIR 3”




Nama                           : ARRY AMANDA
NIM                            : A1D118114
Ruang                          : R-004



JAMBU AIR





Jambu air merupakan tanaman yang banyak disukai oleh masyarakat. Tanaman yang berasal dari Asia Tenggara ini termasuk ke dalam suku jambu-jambuan atau Myrtaceae dan memiliki nama latin (Syzygium aqueum). Buah yang memiliki rasa manis masam dan segar ini banyak tersebar di seluruh daerah yang ada di Indonesia. Mungkin kita akan sering melihat tanaman yang satu ini di sekitar kita, terutama dikampus kita Universitas Jambi, tepatnya di PGSD Muara Bulian.
Dengan banyaknya buah jambu ini membuat harga buah jambu terjangkau. Pada umumnya jambu air berupa perdu dengan tinggi 3-10 m, berbentuk cabang bengkak bengkok mulai dari pangkal batang pohon. Struktur batang kayu dari pohon jambu ini keras dan kuat, tekstur kasar, berwarna kecoklatan dan terdapat bercak coklat. Dari kayunya saya pernah membuat ketapel, yang sangat kuat. Tanaman ini memiliki akar tunggang atau disebut dengan akar radik primary dengan percabangan yang relative kecil. Daun dari pohon jambu ini berwarna hijau dengan tulang daun yang menyirip.
Buah jambu air bisa kita manfaatkan atau bisa jadikan sebagai buah-buahan pencuci mulut, bisa juga kita buat manisan, rujak dan lain-lain.
Ada berbagai macam jenis jambu air yang dapat kita jumpai di berbagai daerah di Indonesia.
Namun pada umumnya ada dua jenis buah jambu air diantaranya yaitu :
·         buah jambu air kecil (Syzygium aqueum) dan
·         buah jambu air besar (Syzygium samarangense).
Buah ini memiliki rasa yang manis masam dan segar tergantung dari jenis buah jambu air itu sendiri.
Kerangka bunga dalam pohon jambu air ini biasanya di ujung ranting (terminal) atau muncul diketiak daun yang sudah gugur (aksial).
Buah ini memiliki bentuk seperti lonceng, kerucut atau berbentuk membualat keatas dengan warna hijau ketika belum matang dan warna merah ketika sudah matang. Buah ini memiliki biji seperti jantung dengan selaput putih yang membalutnya. Namun ada juga yang hanya memiliki biji kecil atau bahkan tidak memiliki biji.
Contohnya seperti jambu air cengkih, jambu air madu, jambu air king citra, jambu air kampret, jambu air king rose, jambu air kancing, dll.
https://infobuah.com/wp-content/uploads/2019/01/Pohon-Jambu-Air-compressed.jpg



Tidak ada komentar:

Posting Komentar