Halaman

Selasa, 26 November 2019

Deskripsi "LIDAH BUAYA"




KETERAMPILAN BERBAHASA
DESKRIPSI LIDAH BUAYA



                Dosen pengampu :      1. Dr.Yantoro S,Pd. M,Pd                                       


 



Oleh:

                                Susi Mulandari                                                (A1D118149)



                              

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS JAMBI
2019




LIDAH BUAYA




Lidah buaya merupakan tanaman yang tidak asing lagi bagi kita.dinamakan lidah buaya karena memang mirip seperti lidah buaya. bentuknya yang sangat unik dengan tidak bertangkai. Lidah buaya (Aloe vera) adalah sejenis tumbuhan yang sudah dikenal sejak ribuan tahun silam dan digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit. Tumbuhan ini dapat ditemukan dengan mudah di kawasan kering di Afrika.Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, manfaat tanaman lidah buaya berkembang sebagai bahan baku industri farmasi dan kosmetika, serta sebagai bahan makanan dan minuman kesehatan.Secara umum, lidah buaya merupakan satu dari 10 jenis tanaman terlaris di dunia yang mempunyai potensi untuk dikembangkan sebagai tanaman obat dan bahan baku industri.

Berdasarkan hasil penelitian, tanaman ini kaya akan kandungan zat-zat seperti enzim, asam amino, mineral, vitamin, polisakarida dan komponen lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.
Selain itu, menurut Wahyono E dan Kusnandar (2002), lidah buaya berkhasiat sebagai anti inflamasi, anti jamur, anti bakteri dan membantu proses regenerasi sel. Di samping menurunkan kadar gula dalam darah bagi penderita diabetes, mengontrol tekanan darah, menstimulasi kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit kanker, serta dapat digunakan sebagai nutrisi pendukung penyakit kanker, penderita HIV/AIDS.Aloe vera/lidah buaya mengandung semua jenis vitamin kecuali vitamin D, mineral yang diperlukan untuk fungsi enzim, saponin yang berfungsi sebagai anti mikroba dan 20 dari 22 jenis asam amino. Dalam penggunaannya untuk perawatan kulit, Aloe vera dapat menghilangkan jerawat, melembabkan kulit, detoksifikasi kulit, penghapusan bekas luka dan tanda, mengurangi peradangan serta perbaikan dan peremajaan kulit. Aloe vera juga mengandung asam folik yang melindungi sistem kekebalan tubuh dan kesehatan tubuh yang seringkali terefleksi pada kulit.[4] Dengan beragam manfaat yang terkandung dalam lidah buaya, pemanfaatannya kurang optimal oleh masyarakat yang hanya memanfaatkannya sebagai penyubur rambut.
Namun lidah buaya memiliki keunikan tersendiri yang tidak dimiliki oleh tanman lain, sebelum mengulas lebih dalam tentang lidah buaya, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa ciri-ciri tanaman ini, yaitu yang per:


1.      Akarnya berupa akar serabut
2.      Batangnya cenderung pendek
3.      Lidah buaya tidak memiliki tulang daun
4.      Tanaman lidah buaya memiliki duri, namun tidak begitu tajam
5.      Memiliki kulit yang cenderung tebal namun lunak
6.      Memiliki getah berwarna kuning apabila disayat
7.      Tekstur dalam lidah buaya berlindir dan lembek seperti jelli
8.      Bagian dalam lidah buaya berwarna putih bening
Tanaman lidah buaya memang cocok untuk ditanam sebagai hiasan rumah dan pengindah rumah , banyak yang menyukainya tanaman ini krna manfaatnya.Adapun manfaat dari lidah buaya, yaitu:
1.      Bagian dalam lidah buaya dapat melembabkan kulit dengan cara dipakai sebagai masker.
2.      Lidah buaya juga dapat mnutrisi kulit kepala dan rambut, sehingga rambut menjadi hitam dan tebal
3.      Lidah buaya dapat dijadikan bahan kosmetik
4.      Dapat diolah menjadi makanan, contoh jelli, cake,minuman dan lain-lain
5.      Dapat menetralisir bau tidak sedap
Dengan melihat sejuta manfaat dari lidah buaya sekarang siapa yang tidak tertarik untuk menanam tanaman ini di rumah masing-masing. Selain tanaman ini mudah perawatannya juga menmpuanyai manfaat yang bisa diraskan oleh penanamnya. Itulah alasan mengapa banyak sekali yang menyukai tanaman unik ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar