Nama : Oji Fahroji
NIM : A1D118177
Ruang : R-004
POJOK
BACA
Pojok baca
merupakan sudut atau pojok tempat para siswa-siswi membaca, dipojok ini di kasih ruang atau
dikosongkan, dan dihiasi semenarik mungkin sehingga siswa senang dan betah
untuk tetap di pojok baca, di sini disediakan buku-buku
tentang pendidikan serta ilmu pengetahuan, buku cerita rakyat, dan lain sebagainya, serta karya siswa yang dapat menambah keunikan
dan keartistikan. Pada jenjang SD, guru harus berupaya semaksimal mungkin
agar Pojok Baca menjadi
magnet untuk menarik siswa membaca.
guru
harus melakukan hal-hal kreatif terkait budaya literasi. Salah satunya dengan menciptakan Pojok
Baca di setiap kelas. Ini tentu dibuat dengan kreativitas guru yang
bersangkutan, sehingga berbeda di tiap kelas. Pojok Baca adalah sudut tempat
para siswa-siswi membaca, di sana disediakan buku-buku tentang pendidikan serta
ilmu pengetahuan, serta karya siswa yang dapat menambah keunikan dan
keartistikan.
Pojok baca di sekolah bertujuan
menanamkan budaya membaca,
agar seorang anak dapat mengembangkan kemampuan membacanya dengan cara
pembiasaan membaca di rumah dan sekolah. Sehingga dengan adanya kemampuan
membaca, kemampuan menulis seseorang tentu saja akan tumbuh. Membudayakan kebiasaan membaca harus
dilatih secara terus-menerus.
Dengan demikian, kemampuan membaca
mampu menjadi jantung dari semua proses pendidikan mulai dari pendidikan
sekolah dasar hingga seterusnya.
Beberapa kelas
dikampus Pendidikan guru sekolah dasar universitas jambi sudah memiliki
beberapa bojok baca, seperti di kelas B4 dan B5, dosen membimbing mahasisawa/i
nya untuk membudayakan membaca dengan membuat pojok baca dan ini merupakan
suatu bentuk agar mahasiswa/i disini lebih gemar sehingga menjadi kebiasaan
untuk membaca, agar besok apabila mahasiswa/i menjadi guru, mereka bisa membuat
pojok baca di sekolah yang di ajarnya sehingga siswanya terbiasa membaca.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar