Halaman

Selasa, 26 November 2019

Deskripsi " POJOK BACA "




Nama                           : Oji Fahroji

NIM                            : A1D118177
Ruang                          : R-004


POJOK BACA



Pojok baca merupakan sudut atau pojok tempat para siswa-siswi membaca, dipojok ini di kasih ruang atau dikosongkan, dan dihiasi semenarik mungkin sehingga siswa senang dan betah untuk tetap di pojok baca, di sini disediakan buku-buku tentang pendidikan serta ilmu pengetahuan, buku cerita rakyat, dan lain sebagainya, serta karya siswa yang dapat menambah keunikan dan keartistikan. Pada jenjang SD, guru harus berupaya semaksimal mungkin agar Pojok Baca menjadi magnet untuk menarik siswa membaca.
guru harus melakukan hal-hal kreatif terkait budaya literasi. Salah satunya dengan menciptakan Pojok Baca di setiap kelas. Ini tentu dibuat dengan kreativitas guru yang bersangkutan, sehingga berbeda di tiap kelas. Pojok Baca adalah sudut tempat para siswa-siswi membaca, di sana disediakan buku-buku tentang pendidikan serta ilmu pengetahuan, serta karya siswa yang dapat menambah keunikan dan keartistikan.
Pojok baca di sekolah bertujuan menanamkan budaya membaca, agar seorang anak dapat mengembangkan  kemampuan membacanya dengan cara pembiasaan membaca di rumah dan sekolah. Sehingga dengan adanya kemampuan membaca, kemampuan menulis seseorang tentu saja akan tumbuh. Membudayakan kebiasaan membaca harus dilatih secara terus-menerus. Dengan demikian, kemampuan membaca mampu menjadi jantung dari semua proses pendidikan mulai dari pendidikan sekolah dasar hingga seterusnya.
Beberapa kelas dikampus Pendidikan guru sekolah dasar universitas jambi sudah memiliki beberapa bojok baca, seperti di kelas B4 dan B5, dosen membimbing mahasisawa/i nya untuk membudayakan membaca dengan membuat pojok baca dan ini merupakan suatu bentuk agar mahasiswa/i disini lebih gemar sehingga menjadi kebiasaan untuk membaca, agar besok apabila mahasiswa/i menjadi guru, mereka bisa membuat pojok baca di sekolah yang di ajarnya sehingga siswanya terbiasa membaca.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar