Halaman

Selasa, 26 November 2019

Deskripsi “POHON BINTARO”





Nama                           : Ade Syafriani
NIM                            : A1D118016
Ruang                          : R-004

POHON BINTARO


Bintaroadalahtumbuhanpantaiberupapohondenganketinggiandapatmencapai 12 meter.Pohoninimempunyainamalatincerberamenghas. Pohoninidisebutberacunpadabuahdaundangetahnya.Di PGSD sendiripohonBintarosudahditanam di sekelilingkampus PGSD.DaunpohonBintaroinimemilikidauntunggalberbentuk oval danberwarnahijautuamengkilat.Iyamemilikibungaberwarnaputihdanberpangkalberwarnakuning.
Buahbintaroberbentukbulattelurdenganpanjang 5 sampai 10 cm, ketikamasihmudabuahnyaberwarnahijaudanberubahmerahcerahsaatmatangjikasudahmenuaataumembusukbuahiniakanjatuhdisekelilingpohonnyadenganbuahberwarnahitam.
ManfaattanamanBintaroditanam di PGSD salahsatunyaitusebagaitanamanpeneduh.Tanamaninibisadigunakanuntukkegiatanpenghijauanlingkungan.TanamanBintarotermasuktanaman yang tahanbantingkarenamampuberadaptasidantumbuhdengancepatpadalingkungantempattumbuhnya.
Selain di PGSD, pohonbintarojugaditanam di selruhkampus UNIVERSITAS JAMBI karnapohonbitaroinijugadimanfaatkansebagaipenghijauanlingkungan.MakapohonbintaroiniditanamdimanamanadandisekelilingBalairungbanyakditemuibintaro.
Banyakmahasiswamahasiswi PGSD penasarandanmencobamembukabuahdaripohonBintaroini.Tapibuahbintaropadadasarnyatidakdapatdimakanhalinikarenakandunganracuncerberin yang terkandung di dalamnya.racuninibisamenghambatsaluran ion kalsium yang berada di dalamototjantungmanusiasehinggabisamenyebabkangangguanpadadetakjantungdanbisaberujungpadakematian.
SelainitukayudaripohonBintarojugadapatmenyebabkanracunjikakitamembakarnyaasapdaripembakarantersebutmengandungracun yang dapatmembahayakankehidupankita.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar