Halaman

Selasa, 26 November 2019

Deskripsi “POHON BINTARO”





Nama                           : Tria Rapika Wahyuni
NIM                            : A1D118105
Ruang                          : R-004

POHON BINTARO


Pohon Bintaro atau dalam bahasa ilmiah disebut dengan Cerbera manghasadalah tumbuhan yang banyak di jumpai di pantai atau paya dengan ketinggian mencapai 10 - 12 meter,pohon ini termasuk tumbuhan mangrove. Di lingkungan PGSD FKIP Universitas Jambi sendiri terdapat banyak sekali pohon Bintaro terutama di sekeliling lapangan sepak bola karena memang pohon ini mudah tumbuh di daerah pantai dan payo namun pohon ini tidak dapat tumbuh sendiri atau pohon ini sengaja ditanam karena Pohon ini sangat baik dijadikan sebagai penahan erosi Karena itulah di pantai dan didaerah payo banyak di tanami pohon bintaro.
Pohon bintaro memiliki banyak sekali sebutan atau nama daerah diindonesia antara lain Bintan, buta-buta badak, goro-goro (Manado), kayu gurita, kayu susu, mangga brabu (Maluku), madang kapo (Minangkabau), bintaro (Jawa dan Sunda), kenyeri putuh (Bali), darli utama (Sangir), kadong (Sulawesi Utara), lambuto (Makassar) dan dalam bahasa ingris disebut Indian Suicide Tree.
Pohon Bintaro mempunyai daun bewarna hijau yang mengkilat dan sangat jarang daunnya digigit ulat karena pohon ini mengandung racun dan pada setiap tangkainya memiliki 6-9 daun bintaro bentuknya memanjang simetris dan tumpul pada bagian ujung yang mirip sepertin daun pada pohon mangga,ia juga memiliki bunga yang berbentuk seperti bunga melati dengan warna putih dan berbau harum setiap bunga bintaro memiliki 5 kelopak. Buah dari pohon bintaro ini terlihat berbentuk bulat seperti telur yang berukuran kira-kira sebesar buah markisah. Masih muda buah bintaro ini bewarna hijau dan saat sudah tua warnanya akan berubah menjadi merah keuguan layaknya buah markisah.buah ini tidak dapat dikonsumsi karena mengandung racun didalamnya.didalam biji bintaro mengandung racun yang disebut dengan “cerberin” yang mempunyai kandungan yang sama dengan digoxin yang terdapat pada foxglove.Digoxin membunuh dengan menghalangi saluran ion kalsium dalam otot jantung, yang mengganggu detak jantung sehingga menyebabkan kematian. Benih beracun tersebut digunakan sebagai racun tikus serta obat nyamuk. 
Gambar bunga Pohon Bintaro                                     Gambar buah pohon Bintaro

Pohon bintaro memang memiliki bentuk yang indah dengan segala keindahan yang terdapat di bunga,buah tangkai maupun batangnya namun pohon bintaro merupakan salah satu tanaman yang beracun di dunia, bahkan nama “Cerberus” pada bintaro itu berarti anjing berkepala sepuluh dalam mitologi Yunani.sejak zaman dahuhlu getah yang terdapat pada pohon ini sudah dijadikan sebagai racun panah atau tulup dalam berburu karena kandunagn racun yang ada di getahnya dapat melumpuhkan mangsa ketika mereka beburu.
Cerberin yang terdapat dalam bintaro ini dapat mengahambat saluran ion kalsium dalam otot jantung manusia sehingga membuat detak jantung menjadi tidak stabil dan berujung kematian bahkana asap dari pembakaran kayu bintaro juga dapat menyebabkan keracunan apabila terlalu banyak yang masuk kedalam paru-paru.
Namun dengan segala keburukan dari pohon bintaro juga mempunyai manfaat sebagai pengusir tikus secara alami, caranya sangat mudah yaitu denagn memetik buahnya lalu menaruhnya di jalur atau tempat yang sering di datangi tikus niscaya ia akan menjadi tidak nyaman dan tidak akan kembali kesitu lagi.
Buah bintaro ini memang tidak berbahaya jika hanya di pegang saja tetapi bisa berakibat fatal jika digigit karena itu sebaiknya buah ini di jauhkan dari jangkauan anak-anak karena bisa saja jika kita lalai mereka akan mengigitkan mengingat buahnya memang terlihat cantik dan enak sehingga menarik perhatian anak-anak untuk mengambilnya, selain itu getah bintaro ini dapat menyebabkan kelumpuhan jika terkena luka di tubuh manusia.
Untuk menghindari hal-hal yang atak diinginka kita sebaiknya berhati-hati dengan buah ini misalnya ketika kita hendak membersihkan buah yang berserakan sebaiknya janagn menggunakkan tangan tapi gunakanlah sapu dan penyodok untuk menyingkirkannya.jika terpaksa menganbilnya dengan tangan segera cuci dengan sabun.
hindari pohon ini dari anak-anak sebab kita tidak tau jika getahnya akan mengenai badan anak-anak, dan jangan pernah membakar baik dahan batang daun maupun ranting dari pohon bintaro inin di keramaian jika ingin membakarnya maka bakarlah di tempat yangbjauh dari pemukiman masyarakat.
Tapi walaupun beracun pohon bintaro ini tetap banyak sekali di temukan karena juga memiliki manfaat dan bentuk yang cantik sehingga dapat di jadikan hiasan selain itu pohon bintaro juga cepat berkembang dan beradaptasi dengan lingkungan.
Salah satu manfaat dari pohon inia adalah dapat dijadikan sebagai penahan erosi, tempat teduh dipinggir jalan dan menghirup karbondioksida,sehingga apabila berteduh dibawah pohon bintaro dapat memberi kesejukan pada orang-orang yang berreduh dibawahnya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar