Halaman

Selasa, 08 Oktober 2019

Cerpen Masa SD “ SUSAH, SENANG MENGIKUTI PERJUSAMI “


Nama : ADE SYAFRIANI
NIM    : A1D118016
Email  : syafrianiade11@gmail.com

SUSAH, SENANG MENGIKUTI PERJUSAMI

Seragam merah putih pertama yang kugunakan merupakan awal perjuanganku mengenyam pendidikan. Tahun ajaran baru 2006/2007 aku didaftarkan oleh ibuku untuk belajar di SDN 50/IV Kecamatan Paalmerah yang dulunya merupakan kecamatan Jambi Timur. Dan saat ini aku berada dikelas akhir yaitu kelas VI sudah saatnya aku mempersiapkan diri untuk Ujian Nasional mendatang.
Tapi, sebelum itu aku dipilih oleh guru olahragaku sekaligus kakak Pembina pramuka kami untuk mengikuti perkemahan jumat sabtu dan minggu atau PERJUSAMI. Dan yang terpilih adalah 10 orang putri dan 10 orang putra termasuk aku. Putri diantaranya ada anak kelas enam dan anak kelas lima, anak kelas enam ada  aku, Fadilah, Melani, vina, Zubaidah, Rofika, Dwi dan sisanya anak kelas lima.
Sesudah dipilih oleh guru olahragaku, kami diberikan surat permohonan izin yang mana isinya surat izin yang diberikan untuk di tanda tangani oleh orangtua. Tapi saat itu cobaan pertama datang padaku karna ayah ku tidak mengizinkanku untuk mengikuti kemah. Saat itu aku merasa sedih “mengapa ayah tidak mengizinkanku kemah?, padahal aku akan jarang mengikuti kemah lagi karna sudah kelas enam, kebetulan masih awal semester harusnya diizinin dong” curahanku didalam hati. Tapi syukurnya ibuku membujuk ayahku sehingga aku boleh mengikuti kemah tersebut, meskipun butuh waktu yang lama dan aku selalu merajuk tidak mau keluar kamar dan kalaupu keluar aku akan berbaring didepan pintu kamar ayahku sambil menangis, dan hal itu juga mambuat hati ayahku luluh dan mengizinkan aku untuk mengikuti perkemahan.
Karena hari kemah sudah dekat tentunya kami harus latihan untuk mengikuti kemah yang kebetulan juga mengadakan lomba dan saat itu aku mengikuti banyak lomba yaitu, lomba LKBB, lomba masak, senam pramuka, Pensi dan hiking. Dan hari ini kami latihan dengan serius hingga sore hari. Aku berharap semoga kami bias menang lomba yang dilombbakan di PERJUSAMI besok.

Hari yang ditunggu-tunggu pun tiba saat ini kami sudah berada dilapangan bumi perkemahan CADIKA yang ada di sungai gelam, Telanaipura. Disini kami melaksanakan upacara terlebih dahulu setelah itu baru kami mendirikan tenda yang tentu saja dibantu oleh guru olahragaku. Oh iya dari tadi aku belum menyebutkan nama dari guru olahragaku yaitu bapak Gatot, pak Gatot sendiri orangnya masih muda tetapi dia sudah menjadi guru favorit banyak orang.
Setelah mendirikan tenda kami pun istirahat sejenak, karna kelelahan dari pagi sudah memulai semua kegiatan. Lomba pertama adalah LCC karna aku tidakmengikuti lomba tersebut maka aku haya istirahat dan mempersiapkan lomba berikutnya yaitu lomba masak. Lomba masak pun tiba dan kami ditugaskan untuk memasak makanan khas dari Jambi, sedangkan peserta lain telah menyiapkan bahan dan alat memasak berbeda dengan kami, kami hanya punya alat seadanya, bahkan kami menggunakan pisau pramuka untuk memotong bawang dan singkong. Rencananya kami mau membuat makanan khas jambi yaitu tempoyak, tetapi mengingat alat dan bahan tidak lengkap dan kami juga tidak begitupaham bagaimana proses membuatnya, karna kami baru pertama kali membuat ini. Jadi kami hanya menggoreng telur yang hanya satu kami punya, setelah itu kami menggoreng singkong yang sudah dipotong, cara kami menyusun pun hanya dengan mearuh telur goreng ditengah piring, dan dikelilingi dengan keripik singkong yang sudah kami goring,setelah itu kami taburi dengan bawang goreng. Walaupun hanya sederhana tapi kami bersyukur karna kami telah selesai memasak.
Malamnya adalah pensi kami disini menampilkan nyanyian yang sangat terkenal pada zaman sekarang. Kami bernyanyi dengan penuh semangat. Peserta dari SD lain pun menampilkan hal yang bergam, seperti menari, menyanyi, membaca puisi bahkan ada yang drama. Sungguh malam itu sangat seru
Setelah acara brakhir kami pun bersiap tidur ditenda dan ditemani oleh guru kesenian kami yaitu ibuk des, kami tidur bersama didalam tenda. Sebelumnya kami menggangu teman yang sudah tidur, seperti memasukkan air kedalam mulut mereka saat tidur. Saat semua sudah tertidur tetapi aku belum tidur karena tidak bias tidur jadi aku memaksa mata untuk tertidur dan akhirnya akupun tertidur
Dan paginya aku dibuat terkejut karna aku mencium bau pesing yag sangat menyengat. Belum diketahui siapa pelakunya tapi teman-temanku menuduh bahwa Fadilah lah pelakunya karna dia dikenal dengan tukang ompol dan benar saja. Ada aroma bau pesing dari tasnya sepertinya dia memasukkan celana ompolnya tanpa membilasnya terlebih dahulu tapi dia selalu menolak. Jadi baunya membekas didalam tenda itu. Dan saat keluar aku terkejut lagi karna ada seonggok tai disamping tenda belakang kami. Teryata ada yang buang air besar disamping tenda kami saat kami tidur. Syukurlah pak Gatot membuang kotoran manusia itu segera.
  Dan pagi ini aku mengikuti lomba senam pramuka. Sangat banyak yang mengikuti lomba ini kami sangat antusias karna kami latihan sangat keras, dan lagi senam pramuka adalah senam yang seru dan mengembirakan.setelah senam kami pun sarapan, kami memakan sarapan yang kami masak sendiri dengan bantuan dari ibuk des karna kami masih kecil untuk memegang kompor. Kami sarapan mie bersama pak gatot, ibuk des dan anak cowok lainnya.
Agenda hari ini adalah lomba LKBB kami mengikuti dengan semangat tetapi Melani, Dwi dan Rofika membuat kacau barisan kami, bukan aku menuduh tapi saat kami maju jalan dan mereka masih ditempat dan mereka marah kepada kami karna tidak memberitahu mereka bahwa mereka salah saat lomba tersebut.
Siang harinya aku tidak ada agenda hanya menjadi penyemangat untuk temanku yang lomba. Dan setelah itu aku membantu Zubaidah, Vina dan ibuk Des memasak. Kami memasak tahu, tempe, tri cabe dengan sayur kangkung untuk makan nanti malam. Kami berempat bercanda sambil memasak, vina dan aku membantu memotong sayur dan bawang dan zubaidah memotong temped an tahu. Kami tertawa bahagia saat Zubaidah bercanda dengan menjatuhkan tubuhnya ketanah seperti komedi diatas panggung yang biasanya dilakukan oleh Adul diacara komedi.  
Malamnya kami melanjutkan pensi malam kemarin karna belum selesai.dan setelah itu kami manyalakan api unggun. Bernyanyi dan mengelilingi api paa malam hari.setelah itu kami kembali ketenda dantidur.
Di pagi hari setelah sarapan kami mulai bersiap-siap untuk mengikuti lomba hiking. Dan setelah itu kami lomba hacking dengan membawa stok serta tali rami. Di pos pertama yaitu pos pelepasan itu ada di lapangan upacara.   Selanjutnya yaitu pos kedua di situ ada pos LKBB, di pos LKBB kami disuruh untuk melaksanakan gerakan yang diperintahkan oleh kakak-kakak yang disana. Setelah dari pos 2 kami ke pos 3 di situ ada pos Indra di sana kami mencium berbagai macam benda, di sana kami dites indra pembau kami. Banyak pos yang sudah kami lewati danfoss selanjutnya adalah pos penyamaran di situ kami menyamar dengan meletakkan daun daun kering daun daun hijau serta dicoret wajah kami dengan larutan kopi oleh kakak-kakak di sana. dan selanjutnya ada pos halang Lintar itu adalah pos terakhir kami di sana merangka di lumpur yang sangat kental dan hitam serta bau. Setelah itu kami kembali ke pos pertama itu bisa juga disebut pos akhir dan laporan kepada kakak penjaga pos bahwa kami sudah sampai di bumi perkemahan sungai gelam kembali.
Selanjutnya kami membersihkan diri dan bersiap-siap untuk pulang ke rumah masing-masing. Perkemahan Jumat Sabtu Minggu yang yang aku lalui sangat seru dan juga membuatku ku bahagia tetapi ada hal yang kadang membuatku sedih karena tidak bisa melakukannya dengan baik.





JUDUL CERITA           : SUSAH, SENANG MENGIKUTI PERJUSAMI
TOKOH                       :
·         AKU (ADE)
·         PAK GATOT
·         FADILAH
·         ZUBAIDAH
·         BUK DES
·         ROFIKA
·         DWI
·         MELANI
·         VINA

PENOKOHAN             :
·         AKU(ADE)      BAIK,TELITI,PELUPA
·         PAK GATOT   BAIK,DAPAT DIANDALKAN
·         FADILAH        PEMBOHONG
·         ZUBAIDAH     BAIK, HUMORIS
·         BUK DES         BAIK HATI
·         ROFIKA           EGOIS, PEMARAH
·         DWI                EGOIS,PEMARAH
·         MELANI          EGOIS, PEMARAH
·         VINA               BAIK

ALUR                          : Cerpen diatas menggunakan alur maju sesuai dengan yang biasa digunakanoleh anak SD. Dapat dilihat dari paragraph awal dimana pengarang lebih dahulu mengenalkan para tokoh dan selanjutnya ada kemunculan konflik—puncak konflik dan serta ada penyelesaian. Dimunculkan dengan konflik baru dan ada penyelesaiannya.

LATAR                        :
1.      LATAR TEMPAT  : SDN 50/IV PAALMERAH DAN BUPER CADIKA
2.      LATAR SUASANA            : SENANG, MENDEBARKAN,DAN KEPUASAN
3.      LATAR WAKTU   : JUMAT SABTU MINGGU PADA TAHUN 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar