Halaman

Selasa, 08 Oktober 2019

Resensi Buku Anak "AURORA dan MAHKOTA BERLIAN “


RESENSI CERITA ANAK
AURORA dan MAHKOTA BERLIAN




1. Identitas Buku
·         Judul Buku : AURORA dan MAHKOTA BERLIAN
·         Penulis Buku : Lara Bergen
·         Ilutrasi : Studio Iboix dan Gabriella Matta
·         Penerbit Buku : PT Gramedia Pustaka Utama
·         Kota Terbit : Jakarta
·         Tahun cetakan : 2009
·         Cetakan : II
·         Tebal Buku : 23 halaman



2. Sinopsis Novel AURORA dan MAHKOTA BERLIAN

Buku  ini bercerita tentang Aurora memasuki umur tujuh belas tahun, mendapat kejutan dari ibunya yaitu ratu. Ia dikejutkan dengan kedatangan ibunya memasuki kamar Aurora  dengan memakai mahkota yang belum pernah ia lihat dengan bertahtakan berlian berwarna pink. Ibunya mengajak Aurora melihat pajangan lukisan para putri raja yang memakai mahkota yang persis dipakai ibunya.
Mahkota tersebut akan diberikan kepada Aurora, namun sebelum ia memakai mahkota tersebut. Aurora harus melewati serangkaian ujian yang akan ia dapat dari tiga ibu peri. Ujian demi ujian ia lewati tanpa hambatan. Dalam ujian ketiga atau terakhir, Aurora bertemu dengan pangeran dan menyapanya. Ia memasukki ruang menjahit ratu dan mengahampiri ibu serasa menciumnya dan menemukan jawaban yang ketiga.
Setelah ia menemukkan jawaban yang ketiga, seketika itu juga ibunya memakaiakan mahkota indah itu diatas kepala Aurora. Dan momen tersebut di abadikan dalam bentuk lukisan seraya ia mengenggam bunga mawar.  Aurora adalah wanita yang cerdas, pada malam harinya perayaan pesta ulang tahun Aurora dirayakan dengan meriah bersama undangan kerjaan dan Aurora menari bersama pangeran.

3. Unsur Intrinsik Yang terdapat pada AURORA dan MAHKOTA BERLIAN Adalah :
Ø Tema
AURORA dan MAHKOTA BERLIAN mempunyai tema utama kerajaan (fiksi). Namun uniknya tema kerajaan ini dibalut dalam cerita fiksi dengan menghadirkan ibu peri.

Ø Penokohan
·         Aurora didalam buku cerita ini berperan sebagai tokoh utama. Amir adalah putri kerjaan.
·         Ratu didalam buku cerita ini berperan sebagai ibu Aurora.
·         Ibu-ibu peri didalam buku cerita ini berperan sebagai tiga ibu peri Flora, Fauna dan Merryweather yang memberi ujian kepada aurora dengan balutan humor.
·         Pangeran Philip didalam buku cerita ini berperan sebagai teman Aurora.


Ø Alur
Alur yang digunakan dalam AURORA dan MAHKOTA BERLIAN adalah alur maju.

Ø Amanat
Lakukanlah dan hadapi ujian dengan perasaan damai dan tenang, maka akan menemukan jawabannya.

4. Kelebihan Dan Kekurangan AURORA dan MAHKOTA BERLIAN
Ø  Kelebihan
Banyak sekali karakter yang bisa kita jadikan teladan. Dari kebaikan hati tokoh utama Aurora, walaupun ia putri raja. Namun, ia baik hati terhadap semua orang orang, termasuk ibu peri. Ia juga sangat menyayangi ibunya dengan memberi kecupan sayang. Aurora adalah putri yang cerdas, ia dapat menyelesaikan teka-teki dengan baik tanpa hambatan. Hal ini lah menjadi alasan ibunya menghadiahkan mahkota kepadanya.

Ø  Kekurangan
Terdapat kata-kata yang belum sinkron atau selaras dengan kata selanjutnya, sehingga kalimatnya sulit dipahami. Seperti kata “mencopot” sebaiknyanya diganti kata “melepaskan” dan lain-lain.

5. Kesimpulan
AURORA dan MAHKOTA BERLIAN ini sangat bagus sekali untuk para siswa dan siswi Sekolah Dasar. Walaupun certa fiksi, namun banyak nilai-nilai yang dapat dicontoh kikarenakan ilustrasi tokoh dan karakter tokoh yang dapat ditiru, seperti menyayangi sesama, bersikap tenang, sabar dan bersikap baik kepada yang lebih tua.


Euis Arissah, A1D118150
PGSD, FKIP, UNIVERSITAS JAMBI


Tidak ada komentar:

Posting Komentar