Halaman

Selasa, 08 Oktober 2019

Cerpen Masa SD" LIBURAN KE PADANG ''


Nama          : Ida Shopiatul Hidayah
Nim             : A1D118168
Ruang         : R-004
Semester      : 3 (Tiga)


LIBURAN KE PADANG
Saya sangat senang karna sekolah saya mengadakan Liburan kepadang,namun saya belum tahu apakah saya di izinkan oleh orang tua saya  mengikuti libaran kepadang. bel sekolah pun berbunyi “ teng,teng,teng,,,,,,,” waktu menunjukkan pulang sekolah. Saya pun langsung pulang ke rumah, sesampai di rumah saya agak bingung bagaimana cara meminta izin kepada ayah dan ibu saya untuk ikut liburan. Malamnya saya dan ayah,ibu serta adik-adik saya sedang berkumpul menonton tv. Waktunya saya berbicara kepada orang tua saya untuk meminta izin.
“pa,,,ma,,,,,  eee,,, tadi di sekolah ibu guru bilang mau mengadakan liburan ke padang,terus tema-teman pada ikut semua, aku boleh ikut tidak pa ma” (kata saya,,,).  
“Itu kapan di adakannya” ( jawab ayah)
“Besok malam,terus gimana pa boleh tidak” ( kata saya)
“Ya nanti ayah pikir-pikir dulu ya” ( kata ayah)
“Yah boleh ya, teman-teman pada ikut semua, masak cuman sofi yang gk ikut” (jawab sofi sambil merengek)
Karna ayahnya belum mengizinkan, saya pun langsung masuk kamar, di kamar saya pun langsung nangis dan lama kelamaan saya pun tertidur.
Paginya saat saya akan pergi ke sekolah tiba-tiba ayah saya memanggil saya, dan saya pun terkejut saat ayah saya mengatakan “ayah izinkan kalau kamu mau ikut liburan ke padang” saya pun langsung gembira saat saya di izinkan liburan ke padang.
Saya pun langsung berangkat ke sekolah dengan rasa gembira, sesampai di sekolah, ternyata  di kelas teman-teman saya suah rame membicarakan tengtang liburan. Sesampai di kelas saya pun langsung menghampiri widi, Eti, dan yang lainnya.
“Gimana fia kamu di bolehkan tidak sama ayah dan ibumu ikut ke padang” (kata widi )
“Boleh kok, terus kamu boleh dak sama orang tuamu” (jawab saya)
“ kalau aku sih pastinya Boleh, oiya eti kalau kamu ikut gak”  (kata widi )
“Iya, tapi aku gak sendiri di temin sama ibu saya” ( jawab eti)
“ lho kok kamu di temenin sih sama ibumu” kan udah besar masak gak berani sih sendiri ( kata widi )
“ aku kalau sendiri gak boleh ikut, jadi aku ngajak ibuku deh biar bisa ikut ( jawab eti )
 Saat mereka sedang berdebat, tiba-tiba Bel masuk pun berbunyi “teng,,,teng,,ten,,,,”
Kami pun langsung  pindah ketempat duduk masing-masing, setelah beberapa jam bunyi bel istirahat “teng,,teng,,,teng,,,,,. Saya dan teman-teman pun langsung pergi ke kantin unruk menbeli sarapan.namun saat kami habis dari kanti tiba-tiba ada teman yang mengajak saya pulang.
“sofi ayo pulang” ( kata puji)
“Lho kok pulang,kan kita pulangnya jam 12” ( jawab saya)
“Iya,kata ibu guru tadi hari ini kita di suruh pulang cepet” ( kata puji)
Saya pun merasa senang, lalu saya lari  ke kelas untuk mengambil tas, dan bergegas untuk pulang.
Setibanya di rumah saya dan ibu saya beres-beres menyiapkan apa saja yang akan di bawa. Setelah selesai saya beberes saya istirahat sejenak.
Malam pun tiba,saat nya saya pergi ke sekolah, sebelum saya berangkat ke sekolah saya pamitan dengan ibu saya.
“Ma berangkat ya” ( kata saya dengan wajah sedih sambil mencium tangan)
“Hati-hati ya nak” ( kata ibu)
“Iya, ma” ( jawab saya)
Saya pun naik motor di antar oleh ayah saya ke sekolah,sesampai di sekolah ternyata sudah ramai, namun mobil yang akan kita tumpangi belum datang, kami pun menunggu beberapa menit.
Setelah beberapa menit mobil akhirnya datang,saya pun langsung pamit kepada ayah
“Yah berangkat dulu ya” (kata saya sambil mencium tangan ayah)
“Hati-hati ya” (kata ayah)
“Iya,yah” ( jawab saya)
Setelah berpamitan sama ayah saya berjalan ke mobil sampil melambaikan tangan saya ke ayah. Saya pun langsung masuk mobil, di mobil saya duduk di bangku no 3 bersama Fi dan Zi. Selama di perjalanan kami mengobrol, dan ada yang bernyanyi juga. Namun karna waktu sudah malam kami pun tidur.
Setelah beberapa jam perjalanan, mobil pun berhenti di sebuah restoran. Saya lansung  terbangun. Saya pun turun mencari kamar mandi,tenyata sudah banyak antrian. Saya pun antri kurang lebih 15menit. Setelah menunggu beberapa menit akhirnya giliran saya masuk, karna saya melihat teman-teman banyak yang mandi akhirnya saya mandi juga,yang awalnya hanya ingin cuci muka tapi karna teman-teman mandi akhirnya mandi.  Setelah selesai mandi lalu saya menghampiri fi,eti, zi yang sudah duluan makan, saya pun lansung pesan makana. setelah selesai kami pun lanjut perjalanan
Setelah beberapa jam akhirnya sampai di tujuannya tempat pertama yang kita kunjunggi yaitu kebun binatang
Di sana kami melihat beberapa macam binatang seperti gajah, monyet, orang utan,ular, dan lain sebagainnya. Kami pun bersenang- senang di sana, tidak lupa untuk berfoto-foto. Saat kami sedang asyik melihat binatang dan berfoto. Tiba-tiba kami di panggi oleh guru kami
“ anak-anak sudah selesai, ayo pergi ketempat lain lagi” (kata ibu guru)
“Baik buk” ( jawab kami semua)
Kami pun jalan dari kebun binatang ke tempat selanjutnya yaitu gua jepang. Saat saya sampai di guo jepang saya agak terkejut karna ada banya tangga untuk turun. Saya pun bertanya ke teman “berapa jumlah tangga yang kita turunin ini” (kata saya sambil turun melewati tangga). “Aku dengar-dengar ada 200 tangga” ( kata teman). saat saya sudah sampai di dalam gua jepang ternyata suasananya agak sedikit seram dan banyak sekali peninggalan-peninggalan dari orang dahulu.
Setelah kami selesai dari gua jepang  kami lanjut ke tempat yang ketiga yaitu waterpark.Di sini sangat menyenangkan karna bisa bermain-main bersama, dan sangat seru. Namun tidak terasa waktu rasanya sangat cepat berlalu kami pun pergi untuk melanjutkan perjalanan.
Tempat yang terakhir pantai kami sampai di pantai pukul 15:30 sudah agak gelap jadi kami di sana hanya minum dan makan-makan saja. Di sini saya membeli es kelapa muda dan jagung bakar.setelah selesai,dan akan masuk ke mobil. Tiba-tiba saya kurang enak badan, lalu saya muntah, perut saya pun langsung di olesi minyak kayu putih sama ibu guru.setelah di olesi minyak kayu putih saya agak mendingan, lalu saya masuk mobil.
Mobil pun berhenti di salah satu toko oleh-oleh. Saya pun turun dari mobil, lalu pergi ke toko untuk membeli beberapa oleh-oleh. Di sini saya membelikan oleh-oleh  berupa kue dan makanan khas padang.saat saya sudah selesai dan hendak mau bayar ternyata antriannya panjang,hingga saya menunggu beberapa menit untuk bisa membayarnya. Setelah selesai bayar, saya masuk ke dalam mobil dan menunggu teman- teman yang belum selesai belanjanya.
Setelah menunggu beberapa menit, kami pun melanjutkan perjalanan untuk pulang. Setealah beberapa jam di perjalanan, kami pun berhenti untuk makan malam. Saya pun turun dari mobil dan masuk ke rumah makan. Dan saya duduk bersama dengan fi,ifa,eti. Sambil menunggu pesanan kami pun berbincang mengenai hari ini.
“Seru ya, pengen lagi” ( kata eti)
“Iya sih, tapi aku gak suka naik mobil, mabuk” (jawab saya)
“Kamu itu mabuk bukannya karena minum air kelapa muda tadi, kamu aja belum makan apa-apa dari siang tadi” (kata ifa)
“Iya kayaknya” (jawab saya)
Setelah beberapa menit akhirnya makanan yang kita pesan akhirnya datang. Kami pun langsung makan. Sehabis makan kami pun langsung naik ke mobil.
Di dalam perjalanan karna hari sudah malam kami pun tertidur. Paginya pun kami sampai di sekolah. Namun saat saya sudah sampai di sekolah ayah saya belum datang jemput saya. Saya pun memutuskan untuk jalan kaki bersama-teman, namun saat saya sudah menempuh setengah perjalanan tiba-tiba ayah saya datang menjemput. Saya pun lansung menaiki motor.
Setiba dirumah, karna saya sangat lelah saya pun langsung tidur, dan bangun tiba-tiba sudah sore. Saya pun langsung mandi. Setelah itu malamnya saya dan keluarga kumpul untuk makan malam. Dan ayah da ibu saya bertanya mengenai liburannya.
“Gimana sofi liburannya tadi enak tidak” ( kata ayah)
“Enak pa, seru. Di sana kami pergi ke gua, jepang pantai,kebun binatang” (jawab saya)
“Tadi kamu mabuk tidak” (tanya ibu)
“Iya ma, soalnya tadi belum makan tapi langsung minum air kelapa muda, habis itu muntah” (jawab saya)
Setelah selasai makan semua, kami pun tidur. Dan paginya saya pun pergi sekolah seperti biasanya.

Tokoh Dan Penokohan :
·        Ida Sebagai Sofi
·        Ayah ( baik, sabar, dan tegas )
·        Ibu  ( Baik, sabar, dan penyayang )
·        Puji ( baik )
·        Zizi ( baik )
·        widi ( sombong, suka ngeledek )
·        Eti ( baik )
·        Ifa ( baik)
·        Ibu Guru ( baik dan sabar )
·        Dan Teman-Teman
Alur :
Cerpen Di Atas Termasuk Alur Maju Karna Penulisnnya Menceritakan Peristiwanya Secara Berurutan Sesuai Dengan Urutan Waktu kejadian Sampai Awal Hingga Akhir.
Latar :
1.     Latar Tempat : Rumah, Sekolah, Goa Jepang, Kebun Binatang, Waterpark, Dan Pantai
2.     Latar Suasana : Gembira, Tegang, Kepuasan




















Tidak ada komentar:

Posting Komentar