Halaman

Selasa, 08 Oktober 2019

Resensi Buku Anak " Timun Mas “


Nama           : Ervin Apip Widiawan
Nim            : A1D118082
Ruang         : R-004
Semester      : 3 (Tiga)




Penulis                                  : Lilis Hu
Editor                                      : Vassilisa Agatha
No ISBN                                : 978-602-249-922-0
Bahan Cover                        : Full Color
Halaman                                : 56
No. Anggota IKAPI             : 246/DKI/04
Jenjang                                  : SD/MI Dan SMP/MTs
Penerbit                                 : Bhuana Ilmu Populer
Tanggal Terbit                      : 27 April 2015
Dimensi                                 : 200 mm x 200 mm
Harga                                     : 31.955

Ringkasan Cerita: Dahulu kala ada seorang janda bernama Mbok Rondo, ia tidak mempunyai anak. Kemudian setelah ia berdo’a, ia berjalan dihutan dan berjumpa raksasa dan diberi biji timun emas. Raksasa akan mengabulkan do’a Mbok Rondo agar mempunyai anak tetapi ia harus memberikannya lagi kepada raksasa apabila anak tersebut sudah remaja. Mbok rondo  pun menyanggupinya. Tak lama kemudian biji timun emas yang ditanam Mbok rondo berbuah besar dan diberi nama Timun Mas. Setelah 17 tahun berlalu dengan sangat menyenangkan, raksasa pun kembali menemui Mbok Rondo untuk mengambil Timun Mas. Hati Mbok Rondo pun tak tega mengetahui anaknya akan segera menjadi santapan raksasa. Ia menyuruh anaknya pergi dengan membawa 4 senjata yang diberi oleh petapa untuk mengancurkan raksasa tersebut. Satu per satu Timun Mas melempar senjatanya namun raksasa tersebut masih bisa lolos. Lalu dengan senjata terakhir, Timun Mas melempar terasi yang seketika menjadi kubangan lumpur, raksasa pun tenggelam. Dan Timun Mas hidup bahagia dengan Mbok Rondo.
Kelebihan: didalam buku cerita anak ini, gambar didalamnya dapat menarik anak untuk membacanya, karena buku ini memiliki gambar yang berwarna sehingga anak dapat tergugah untuk membacanya. Buku ini juga dapat membantu anak-anak untuk belajar membaca karna tulisan di dalam buku yang sangat jelas untuk dibaca serta bahasa yang baik untuk bisa diterima oleh anak-anak. Buku ini juga layak dijadikan sebagai buku bacaan untuk anak-anak karena disamping gambar yang menarik, ceritanya pun juga memiliki pesan-pesan moral, diantaranya mengajarkan anak untuk senantiasa berusaha dan berdo’a kepada Tuhan nya untuk mendapatkan apa yang diinginkannya. Kemudian mengajarkan perjuangan Timun Mas dalam mempertahankan hidupnya dari seorang raksasa.
Kekurangan: gambar yang terdapat di buku ini, pada tokoh utama yaitu Timun Mas, penggunaan busananya terlalu terbuka. Hal ini kurang pantas jika anak-anak yang menjadi pembaca utamanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar