Halaman

Selasa, 08 Oktober 2019

Resensi Buku Anak " Dongeng Anak Pilihan 2 “


RESENSI BUKU DONGENG ANAK PILIHAN 2
Nama                          : Melpina Audinata
Nim                             : A1D118151
Email                          : melpinaaudinata27@gmail.com





Judul buku                  :  Dongeng Anak Pilihan 2
Penyusun                     : Tim AMA
Penerbit                       : AMA
Cetakan                       : Pertama, 2016
Tebal                           : 22 halaman
ISBN                           : 978 – 979 – 774 – 577 – 6

Buku ini  ditulis oleh AMA, Seorang penulis buku anak-anak, AMA telah   menulis  lebih dari 5 buku  anak-anak, baik yang sudah terbit maupun yang masih dalam  oleh proses penerbitan.
Buku ini sangat berguna dan perlu dimiliki oleh siswa karena didalamnya terdapat ringkasan dari beberapa buku dongeng.
Buku ini memaparkan dengan ringkas tentang cerita -cerita dongeng yang dijadikan satu. Tim AMA mengetahui bahwa anak lebih suka membaca cerita yang singkat dibandingkan dengan cerita yang panjang. Dari itulah mengapa TIM AMA menerbitkan buku seperti apa yang pantas untuk dibaca anak – anak.
Buku ini membahas dan menceritakan kisah – kisah para hewan dari berbagai macam dongeng. Buku ini merangkum yaitu “ raja kera ” “ anak beruang memperbaiki sarang burung ” “ anak kelinci merayakan ulang tahun ” “ rahasia ibu rubah “ .
AMA telah merangkum dari beberapa cerita dongeng, inilah contoh rangkuman nya :
Raja Kera : Raja singa hutan rimba telah mati. Semua penghuni hutan berkumpul untuk memilih raja yang baru, karena raja singa tidak mempunyai anak untuk meneruskan tahtanya. Jadi penghuni hutan memutuskan siapa yang mengenakan makhota dengan pas di kepala maka ia lah berhak menjadi raja. Datanglah seekor kera yang begitu lincah, maka diangkatlah kera menjadi raja. Namun rubah tidak senang lalu rubah ingin menyakiti kera namun kera tahu akhirnya rencana rubah gagal , dan rubah pulang dengan sangat kesal.
Anak Beruang Memperbaiki Sarang Burung : suatu hari sarang anak burung ambruk tertiup angin kencang, anak beruang melihat dan memutuskan untuk membuat sarang untuk anak burung tersebut, setelah dibuatkan anak burung lainnya kagum dan menemui anak beruang tersebut dan meminta dibuatkan sarang burung yang besar, anak beruang tersebut menyetujuinya. Karena anak beruang bersaudara itu berbaik hati maka anak burung pun memberi hadiah yaitu membuat pancuran otomatis.
Anak kelinci merayakan ulang tahun : ada seekor kelinci yang akan merayakan ulang tahunnya. Ibu kelinci cemas karena mereka tidak mempunyai cukup banyak peralatan makan. Anak kelinci mempunyai ide yaitu meminjam perlatan makan dirumah tetangga. Ia meminjam 5 buah kursi ke ibu beruang, lalu meminjam 5 piring ke ibu kucing,ia datang lagi kerumah ibu katak dan meminjam 5 buah cangkir begitu juga dengan ibu landak dan ibu tikus mereka meminjamkan sendok pisau kepada kelinci. Akhirnya semua peralatan lengkap dan pada saat acara tiba mereka makan dan mengobrol dengan riang gembira.
Rahasia Ibu Rubah : jembatan kecil yang menghubungkan desa dengan kota ambruk. Para penghuni desa tidak bisa pergi ke kota dengan menggunakan bis umum. Serigala dan katak mempunyai ide , jika ingin berpegian menggunakan mobil mereka dan membayar 1 keping uang logam. Semua terburu – buru ingin pergi ke pasar dan naik ke atas mobil, tapi hanya ibu rubah yang tidak naik mobil di karenakan terlalu mahal. Ada kura kura yang ingin menumpangi ibu rubah tersebut namun melewati sungai, akhirnya ibu rubah sampai duluan kepasar.
Banyak sekali kelebihan yang terkandung pada buku ini. Diantaranya penulis menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan dipahami oleh anak-anak sehingga anak-anak dapat dengan mudah memahami cerita-cerita dibuku ini. Kelebihan lain dari buku ini yaitu buku ini disertai gambar yang sangat banyak sehingga anak-anak lebih tertarik untuk  membacanya. Buku ini, lebih tepat dan bermanfaat bagi para siswa maupun anak sekolah, buku ini sangat tepat dibaca oleh anak-anak karena didalamnya terdapat pendekatan pendidikan dan pengetahuan. Dan dibuku ini terdapat pesan moral. 
Akan tetapi, buku ini juga punya kelemahan. Diantaranya adalah pada buku ini ceritanya yang kurang lengkap dibanding cerita dibuku lain sehingga anak-anak hanya melihat rangkuman dari kisah tersebut sehingga anak-anak kurang merasakan cerita aslinya.
Meskipun ceritanya kurang lengkap dan hanya berisi dasar-dasar cerita, Buku ini mengajarkan siswa maupun anak-anak untuk dapat membaca buku dengan penuh kesenangan.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar