Halaman

Selasa, 08 Oktober 2019

Resensi Buku Anak " Merpati dan Biji Gandum “


NAMA           : NADIA FITRI JENI
NIM                : A1D18108
E-MAIL         : nadyafitrijeni22@gmail.com

Judul Buku : Merpati dan Biji Gandum ( The Pigeon and the wheat grains)
Golongan : Cerita / Dongeng anak
No. ISBN : 9786023702664
Penulis : Leni Aryani
Ilustrator: Tim Bintang Indonesia
Penata Letak: Tim Bintang Indonesia
Penerbit: BINTANG INDONESIA
Tempat Terbit : Jakarta
Tahun Terbit : 2010/10
Berat Buku :68 gram                                      
Ukuran Buku : 20X20 cm
Tebal Buku : 24 Halaman Full Color             
Teks Bahasa: Indonesia,English
Jenis Sampul : Soft Cover                              
Harga Buku : Rp. 10.000



            Buku ini merupakan sebuah buku lama yaitu diterbitkan pada tahun 2010 yang merupakan sebuah buku cerita/ dongeng anak  berjudul “ Merpati dan Biji Gandum” yang saya temui dan kemudian membelinya di toko Buku. Buku ini merupakan buku yang ditulis dan diceritakan kembali oleh LENI ARIYANI.
            Dibuku ini menceritakan tentang kisah dua orang merpati jantan dan betina yang hidup bersama disebuah hutan. Sijantan setiap hari selalu pergi mencari makanan, hingga Sijantan berfikir untuk mengisi sarang mereka dengan biji gandum untuk persediaan musim dingin. Dan si betina pun menyetujuinya. Kemudian sijantan pergi untuk mencari makanan sementara si betina di suruh oleh Si jantan untuk tetap di Sarang sembari menjaga biji-biji gandum agar tidak dicuri. Sekian lama si jantan pergi , dan seiring itu pula musim kemarau datang dan menyebabkan biji gandum persediaan mereka disarang menyusut . Namun ketika Si jantan pulang dia menuduh sibetina yang memakan persediaan mereka hingga mematuk kepala si betina hingga si betina tewas. Ketika musim dingin tiba,biji-biji gandum yang ada di sarang lembab dan kembali membesar. Lalu sijantan menyesal telah membunuh si betina dan tidak ada lagi selera makan , hingga akhirnya dia mati di atas tumpukan biji.
Cerita Ini melibatkan dua tokoh merpati yaitu merpati jantan dan betina yang masing –masing memiliki watak yang berbeda, dimana si jantan merupakan sosok yang ceroboh dan terlalu  cepat menilai sesuatu tanpa mencari tahu terlebih dahulu  apa sebab hal yang terjadi ,sementara si betina merupakan sosok merpati yang baik dan setia hal ini bisa kita lihat pada saat dia rela menunggu sijantan pulang dan tidak memakan terlebih dahulu biji gandum yang sudah ada disarang. Dalam buku cerita ini menggunakan alur maju karena pengenalan cerita muncul terlebih dahulu diikuti dengan tahap seterusnya sampai kepada tahap penyelesaian. latar tempat yang terdapat dalam buku cerita tersebut adalah sebuah hutan . dan juga terdapat amanat atau pesan moral yang terdapat dalam buku ini adalah “Orang yang berakal tidak akan tergesa-gesa melakukan sesuatu,apalagi menghukum dan menyiksa karena dia tidak mau didatangi penyesalan”.
Menurut saya, buku ini setebal 24 halaman ini sangat menarik untuk bisa dibaca oleh anak-anak usia 4-5 tahun dan juga bisa dibaca oleh usia Sekolah dasar kelas awal saat mereka belajar membaca, karena ceritanya yang tidak terlalu panjang serta desainnya yang juga menarik disertai gambar-gambar ilustrasi percakapan antara Burung jantan dan betina. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan teks bahasa inggris, anak-anak bisa sekaligus mengenal kosa kata bahasa inggris. Tetapi dengan bantuan bahasa indonesia anak-anak dapat menikmati kisahnya .Dan juga yang paling penting, dibagian halaman akhir buku terdapat pesan moral yang terkandung dalam  cerita tersebut. Namun, buku ini juga tidak luput dari kekurangan yaitu  dalam buku ini terdapat beberapa teks yang agak buram.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar