Halaman

Selasa, 08 Oktober 2019

Resensi Buku Anak " Bangau Yang Serakah “


Nama               :   Tria Rapika Wahyuni
Nim                 :    A1D118105
Alamat Email  :     triarapikawahyuni2405@gmail.com
                              Triarapikawahyuni1234@gmail.com
                   
                           

Identitas Buku :
Judul buku      : Bangau Yang Serakah
Penulis             : Leni Aryani
Golongan        : Cerita / dongeng anak
No. ISBN        : 9786023703036
Ilustrator         : Tim Bintang Indonesia
Penata Letak   : Tim Bintang Indonesia
Penerbit           : Bintang Indonesia Jakarta
Tahun Terbit    : 2010
Bingual            : Bahasa Indonesia dan Inggris
Harga Buku     : Rp. 10,000
Ukuran            : 19.5x 19.5 cm
Berat               : 75 gr
Isi                    : 24 Halaman
Kode               : SMH0101
Sampul            : Biingkai full colour

           
Di sebuah hutan yang Rimbun, ada sebuah danau yang  indah dan airnya sangat jernih . berbagai hewan air hidup berdampingan dengan rukun dan tentram.mereka bermain dan mencari makan layaknya keluarga.
            Suatu hari, seekor bangau terbang mendekati danau itu. melihat apa yang ada disana, munculah ide licik bangau.dan iapun mulai mengatur strategi untuk mendapatkan makan malam. Bangau mulai menangis dihadapan hewan yang hidup di danau itu. Alangkah herannya para ikan, merekapun menghampiri bangau karena penasaran.salah satu dari mereka bertanya mengapa bangau menangis, bangau mulai menceritakan kebohongan tentang nelayan yang ingin menangkap hewan didanau itu, para ikan menjadi sedih, dan bangau memulai tipuannya dengan berpura-pura ingin menolong untuk memindahkan mereka dari danau itu,para ikan dan binatang lainya pun menerima pertolongan dari bnagau.
            Bangau mulai menerbangkan ikan satu persatu. Para ikan benar-benar percaya kaan dipindahkan kedanau yang lain dan menganggap bangau baik hati.tapi bukannya dibawa ke danau ikan itu malah dibawa ke sarangnya dan melahapnya, singkat cerita sampai lah giliran ketam yang akan dibawa bangau, saat hampir tiba disarang banagau ketam mulai curiga melihat banyak darah dan duri ikan ia menyadari bangau telah menipu mereka. Dan mengatur siasat saat bangau menukik turun dengan cepat ia menjepit leher bnagau dengan sekuat-kuatnya.sketika banagu mati tak berdaya.
            Buku ini sangat menarik untuk dibaca karena tulisannya besar dan disertai gambar/ilustrasi yang bewarna disetiap halaman bukunya, didalam buku ini tidak ada kata kasar ataupun kata yang tidak sopan,dan ceritanya juga tidak terlalu panjang sehingga buku ini dirasa sangat cocok untuk dibaca anak SD khususnya karena mereka tidak mudah bosan dan juga cocok untuk dibaca semua kalangan usia tentunya.
            Didalam buku ini juga menagndung pesan moral yang baik yang tentunya bisa mengedukasi bagi anak yang mendengar atau membaca cerita ini, dengan membaca cerita ini kita menjadi tahu dan bisa mengambil hikmahnya bahwa kita tidak boleh terlalu gampang percaya kepada orang lain, walaupun orang tersebut terlihat baik dan benar-benar iklas ingin membantu kita.
            Selain itu kita juga harus bertanngung jawab atas janji yang telah kita buat dan menjaga kepercayaan orang lain serta pernah berbuat jahat karena apabila kita berbuat kejahatan maka kita kan memperoleh hukuman/balasan yang setimpal pula.
            Pesan moral yang bisa dipetik dari cerita ini adalah “ serakah adalah sifat yang buruk, selain membuat mu rugi juga akan membuatmu kehilangan teman”.
            Adapun kekurangan dalam buku ini adalah terdapat pada tulisan yang agak susah dibaca karena memiliki warna hitam yang agak mirip dengan ilustrasi gambar yang ditampilkan
Unsur inrtrinsik dan ekstrinsik cerpen :
1.        Unsur intrinsik
Tema : fabel teladan
Judul : Bangau yang serakah
Latar waktu : siang
Latar tempat         :   -   di danau dekat hutan
-    Sarang burung bangau
Latar suasana       :     - sedih
-          senang
-         Menegangkan
          Alur                   : Maju
          Tokoh                 : -  bangau
-       Ikan
-       Ketam
Penokohan                  : bangau : licik
                                      Ikan      : penurut  ( mudah percaya dengan orang lain)
                                      Ketam  : baik dan bijaksana
Amanat                       : - jangan pernah berbuat kejahatan kepada orang lain             karena kau akan mendapat balasan yang setimpal seperti bangau
-          Menjaga kepercayaan yang telah diberikan orang lain dan jangan terlalu mudah percaya kepad orng lain tanpa menyelidikinya terlebih dahulu seperti kikan dan kepiting
-          Serakah adalah sifat yang buruk yang bisa membuatmu kehilangan teman
Unsur ekstrinsik        :
Nilai yang terkandung dalam cerita : nilai moral dan sosial            


             

Tidak ada komentar:

Posting Komentar