Halaman

Selasa, 08 Oktober 2019

Resensi Buku Anak ''Si Kancil Yang Cerdik"




Nama         : Ida Shopiatul Hidayah
Nim             : A1D118168
Ruang       : R-004
Semester          : 3 (Tiga)
Email          : idasoviatun@gmail.com

SI KANCIL YANG CERDIK


Judul               : SERI DONGENG BINATANG SI KANCIL YANG CERDIK
No. ISBN        : 978602873919
Penulis             : Endyas Wiguna
Penerbit           : Bintang Indonesia, Jakarta
Tempat Terbit  : Jakarta
Tahun Terbit    : 2010
Tebal Buku      : 24 Halaman
Harga Buku     : Rp. 8.500

            Buku ini bercetia tentang seekor kancil yang cerdik, dimana pada suatu hari si kacil ini sedang di kejar oleh anjing,namun kancil pun bisa menghindari kejaran anjing dengan bersembunyi di semak belukar agar tidak terlihat oleh anjing. Setelah anjing tidak mengejar si kancil dan situasinya sudah aman. Si kancil lalu pergi ke seberang sungai untuk mencari makan. Setelah sampai di sungai kancil pun tidak tahu cara menyebrangi sungai tersebut, lalu si kancil mencari akal bagaimana agar kancil bisa menyebrangi sungai.teryata ide kancil untuk menyebrangi sungai yaitu membuat rakit. Namun saat kancil sedang ingin menarik rakitnya, tiba-tiba seekor buaya datang dan kaki kancil di terkam oleh buaya. Kancil yang cerdik pun terus membujuk buaya untuk melepaskan kakinya,namu bujukannya kancil belum berhasil. Namun si kancil terus membujuk buaya agar melepaskan gigitannya dan mengantarkan kesebrang sungai untuk mengambil makananya.akhirnya buaya pun mau mendengarkan kancil dan melepaskan gigitannya dan mengantarkan kancil kesebrang sungai untuk mengambil makanannya. Lalu setelah kancil kenyang kancil terus mencari ide agar dia bisa kembali ke tepi sungai. Lalu si kancil menyuruh buaya untuk menghitung jumlah teman-temanya agar tahu cara membagi dagingnya. Buaya pun langsung berbaris rapi agar bisa menghitung jumlah teman-temannya. Si kancil yang cerdik pun lamgsung meloncat dari punggug buaya ke pumggumg buaya yang lainnya sambil menghitung. Setelah selesai mengitung, lalu kancil ke tepi sungai dan langsung melambaikan tanggan. Lalu buaya pun berteriak kepada kancil dan sadar bahwa kancil telah menipunya.

KELEBIHAN BUKU SI KANCIL YANG CERDIK
Menurut saya buku ini cocok di baca oleh anak-anak sd. Karna ceritanya yang tidak telalu panjang dan di dalamnya terdapat gambar-gambar sehingga anak-anak tidak akan bosan untuk membacanya. Dan di dalam buku ini di lengkapi dengan teks bahasa inggris, sehingga bisa sekaligis anak mengenal kosakata bahasa inggris, sehingga kosakata bahasa inggris mereka akan lebih meningkat lagi.
KEKURANGAN BUKU SI KANCIL YANG CERDIK
Menurut saya kekurangan buku ini adalah bahasa yang ada di dalam buku ini terdapat bahasa yang terlalu kasar, takunya nanti anak yang membaca buku ini akan terpengaruh dengan bahasa bahasa yang kurang baik tadi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar