Halaman

Selasa, 08 Oktober 2019

Cerpen Masa SD “ Masa SD Ku “


Nama              : Arry amanda
Ruang             : R-004
NIM                : A1D118114
Email              : arryamanda49@gmail.com
Mata Kuliah  : Apresiasi Sastra  Anak
Dosen Pembimbing :
Masa SD Ku
            Senin pagi, ini adalah hari yang sangat menyenangkan dan meneggangkan buat saya. Karna hari ini adalah hari pertama saya masuk sekolah dasar. Saya bersekolah di SD N No. 96 Sumber Agung. Dan hari ini saya diantar oleh ibu saya, dan saya sangat takut sekali dengan kelas baru dan bertemu dengan teman-teman baru. Saya pun melarang ibu untuk pulang dan masih ingin ditemani ibu. Banyak teman-teman saya yang juga menangis dan takut untuk masuk kelas. Namun akhirnya datang lah ibu Rosa wali kelas 1 di kelas saya.
Saat pertama kali bertemu ibu Rosa saya merasa takut karna ibu Rosa terlihat pemarah dan galak. Namun setelah ibu rosa berbicara dan menenangkan temen-temen saya yang menangis dan takut, akhirnya saya merasa senang dan tidak takut lagi. Dan setelah beberapa hari saya pun tidak lagi takut dan tidak menyuruh ibu untuk mengunggu dan saya pun menyuruh ibu untuk pulang setelah mengantar saya, karna banyak pekerjaan ibu dirumah. Dan sekarang saya sudah percaya diri dan berani.
            Dan tidak terasa hari bulan dan tahun mulai berganti, dan sekarang saya sudah duduk dikelas 3 sd, disini saya mempunyai teman yang bernama kevin, andre, indra, riki, dan reko. Setiap pagi kami selalu berkumpul bersama. Dan kami selalau berkumpul di tepi sungai, karna sekolah kami dekat sungai. Disungai kami selalu bercerita dan bermain bersama. Setiap ada pelajaran kosong atau tidak ada guru tak jarang kami selalu mandi disungai. Dan pernah kami mandi disungai pas pelajaran dengan ibu Jabat kami pun ketahuan dan dipanggil oleh ibu jabat. Dan akhirnya kami pun dimarahin dan dipukul menggunakan penggaris oleh ibu Jabat. Ibu Jabat memang terkenal Galak dan seram, apalagi jika kami tidak hafal perkalian maka siap-siap kami dipukul oleh ibu Jabat menggunakan penggaris roll panjang. Pada saat itu Riki disuruh ibu Jabat untuk maju kedepan untuk menyetor hafalan perkalian, Riki tidak hafal perkalian dan ibu Jabat pun langsung memukul riki menggunakan penggaris. Namun meski begitu ajaran ibu Jabat yang sering memukul dan mengancam, maka akan membuat kami belajar dirumah dan hafal dengan perkalian.
            Dirumah pun saya juga dididik oleh ayah saya dengan caranya yang begitu keras, ayah saya terkenal keras dan disiplin. Ayah saya selalu mengingatkan saya untuk belajar setiap hari, ayah saya mengajari saya berhitung, membaca dan menghafal perkalian. Tak jarang, ayah saya selalu mebawa rotan saat ngajarin saya. Sifat ayah saya yang keras dan disiplin memang membuat saya takut dan harus selalu belajar. Pernah satu ketika waktu pulang sekolah saya bersama  kevin, riki, indra dan andre mandi disungai. Saat kami sedang asik mandi dan bermain air, tiba-tiba datang ayah saya menggunakan sepeda motornya mencari-cari saya yang tak kunjung pulang kerumah. Dan saat itu ayah saya pun langsung marah, dan mengajak saya pulang. Saat tiba dirumah pun saya langsung dipukul memggunakan rotan oleh ayah saya, dan saat itu saya pun menangis, lalu ibu saya pun menyuruh ayah saya untuk berhenti dan tidak memukul saya lagi. Dari situ saya tidak mau lagi mandi disungai. Ayah saya memang melarang saya untuk tidak mandi atau pun main disungai karna, ayah saya takut kalau terjadi apa-apa kepada saya.
            Karna didikan ayah saya yang keras dan displin, saya bercita-cita ingin menajdi seorang tentara. Dan ayah saya pun selalu mendukung apa yang saya cita-citakan. Walaupun ayah saya keras dan displin, ayah saya juga terkenal baik dan ramah. Pada saat saya juara kelas, ayah saya selalu memberikan hadiah kepada saya. Waktu saya kelas 4 sd saya mendapat juara 1 saat itu saya sangat senang, dan pas pulang kerumah saya pun langsung memberikan raport saya dan menunjukan kepada ayah saya kalau saya mendapat juara 1. Lalu sore harinya saya dibelikan hadiah sepeda besar oleh ayah saya. Dan saat itu pun saya meras sangat senang dan bahagia.
            Hari ini adalah hari minggu pagi yang sangat menyenangkan, hari ini saya bersama kevin, andre, riki, indra, dan reko pergi lari pagi. Hari minggu pagi memang biasa kami untuk lari pagi, dan dihari minggu juga kami selalu menghabiskan waktu untuk bermain. Setelah lari pagi kami pun berkumpul dengan teman-teman lainya, Karna hari ini kami ada janji dengan anak SD lain untuk tanding bermain sepak bola. Kami memang sering bertanding sepak bola, saya menjadi pemain tengah. Waktu itu saya melawan SD N 28 Sumber Agung, dan kami pun menang dengan skor 3-1. Waktu itu saya mencetak 1 gol sedangkan riki dan reko mencetak masing-masing 1 gol. Setalah asik bermain sepak bola akhirnya kami pun pulang kerumah masing-masing. Dan Sore harinya saya pun disuruh ibu saya mengaji, saya mengaji bersama teman-teman saya dimasjid.
            Setelah berapa tahun, sekarang saya pun sudah kelas 6. Tak terasa waktu sudah begitu cepat, saat kelas 6 ini saya sangat serius dalam belajar, dan saya selalu disuruh ayah saya untuk selalu belajar, agar bisa lulus sd. Saat mendekati ujian nasional saya sangat serius belajar dan saya mengikuti les yang dibimbing oleh bapak yuda. Bapak yuda memang guru yang sangat baik, bapak yuda selalu meningatkan kami untuk selalu belajar, dan berdoa. Pada saat itu, waktu mau les sore dengan Bapak yuda saya dijemput oleh kevin. Waktu itu kevin sudah bisa menaiki sepeda motor, pada saat kami sampai disekolah kevin mengajak saya untuk standing motor. Namun karna kurang seimbangnya motor dan badan kevin kecil akhirnya kami pun terjatuh dari motor, untung kami tidak terjadi apa-apa. Namun teman-teman yang melihat kami pun tertawa. 
            Saat ini merupakan hari Ujian Nasional disekolah kami, dan saya pun udah persiapan untuk belajar dan saya juga disuruh ayah dan ibu untuk belajar. Setelah Ujian Nasional selesai, kami pun merasa lega dan senang. Namun kami juga merasa sangat sedih karna sudah tidak bisa bertemu lagi, dan kami sudah mau masuk SMP. Dan pada saat perpisahan kami pun pergi tamasya atau jalan-jalan bersama guru kami menuju Jambi. Untuk mengunjungi tempat wisata yang ada dijambi. Pada saat itu kami pergi menggunakan bis, dan kami pun merasa sangat senang dan gembira. Setelah sampai dijambi kami pun menginap di Mess Merangin, disitu saya tidur bersama andre. Dan pada malamnya kami pun tidak bisa tidur karna kami semangat untuk jalan-jalan besok paginya.
            Hari pertama kami pun mengunjungi Candi Muaro Jambi, disini kami bermain dan bersenang-senang sambil belajar mengenal sejarah budaya jambi. Saya dan andre menyewa sepeda untuk mengelilingi Candi Muaro Jambi, lalu kami pun balapan bersama teman-teman lainya. Dan pada saat itu sepada yang dipakai indra melaju dengan sangat kencang dan akhirnya menumbur pohin pisang yang berada dipinggir jalan tersebut, dan kami pun tertawa dan menolong indra yang kesakitan. Setlah selesai dari Candi muara Jambi kami pun menuju ke Taman Rimbo jambi untuk melihat binatang yang ada di Taman Rimbi Jambi. Disana saya baru pertama kali meihat Harimau, gajah, tapir dan binatang-binatang lainya. Dan saya pun merasa sangat senang dan gembira. Setelah kami asik jalan-jalan mengelilingi Jambi, dan akhirnya Liburan kami pun telah selesai. Dan liburan ini merupakan hari terakhir kami berkumpul bersama guru- guru kami, dan teman-teman saya semua. Dan ini menjadi perpisahan yang termanis buat kelas 6.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar