Halaman

Selasa, 08 Oktober 2019

Cerpen Masa SD “ TAK ADA YANG BEDA SEMUA SAMA “




TAK ADA YANG BEDA SEMUA SAMA
Nama               : Melpina Audinata
NIM                : A1D118151
Email               : melpinaaudinata27@gmail.com
Namaku Melpina Audinata, dulu semasa aku masih duduk di Sekolah Dasar aku mempunyai teman / sahabat yang baik hati. Kami kenal dari kelas 1 SD kebetulan rumah kami dekat , mereka juga teman bermainku di rumah. kami selalu sekelas dari kelas 1 sampai kelas 6, pada saat kelas kelas 6 kami menyukai girlband yang bernama cherrybelle. Temanku bernama cici, maudy, lala, ana, dan masih banyak lagi. Jadi pada suatu hari kami membuat grup dance karna kami menyukai girlband cherry belle. Disaat jam istirahat kami memutar lagu cherry belle dan mulai berdance, kami mengikuti gerakkan yang ada di video tersebut. Disaat waktu luang kami menyempatkan waktu untuk dance. Kadang di waktu pulang sekolah kami pulang kerumah masing – masing namun setelah istirahat dirumah kami berjanji untuk latihan dance dirumah temanku yang bernama bella. Disaat adik temanku ulang tahun aku bersama teman – temanku diundang dan diminta untuk menampilkan dance kami tersebut di depan banyak orang. Kami deg degan rasanya jantung mau copot wkwkwk, tapi kami berhasil melewati rasa yang deg degan itu.
Kami udah kelas 6, jadi pada suatu hari disaat kami sedang belajar , ternyata dikelas ku ada teman baru dia pindah sekolah di sekolahku. Nama nya dewi , dia tidak bisa menyebut huruf “ R “. Dia anak yang pemalu, rajin, baik hati namun tidak sombong. Lalu setelah berjalannya waktu terdengar bunyi lonceng dari luar kelas yang menandakan jam istirahat telah tiba, dan pada saat waktu istirahat tiba.
Tiba-tiba dewi itu terdiam dan merenung di dalam kelas, entah kenapa aku dan teman temanku langsung menemui nya dan bertanya pada dewitersebut
 “dewi kenapa, kenapa nggak jajan “ ujarku,
dewi menjawab “ aku lupa membawa uang jajan , padahal aku ingin sekali jajan di kantin”.
Ternyata dewi sedang tidak membawa uang untuk belanja ke kantin seperti teman-teman yang lain, setelah dia menceritakan kepada kami semua, bahwa dirinya sedang tidak mempunyai uang untuk belanja di kantin, dan pada saat itu aku dan sahabat aku berniat untuk membantu dia, agar dia bisa belanja di kantin seperti teman-teman yang lain, dan akhirnya dia tidak merasa sedih lagi karena dia sudah mempunyai uang untuk belanja di kantin, dari pemberian kami semua dan pada akhirnya kami pun ikut senang bisa melihat dia ceria lagi dan bisa membantu dia.
Setelah kejadian itu kami dekat dengan nya, kami sering ke kantin bersama – sama, sering belajar bersama, pada jam istirahat aku bersama teman – temanku latihan dance , rara bertanya :
“ kalian  ngapain ? ” kata dewi
“ kami latihan dance ” ujar ana
“ Latihan untuk apa “ kata dewi  
“ kami latihan dance cherry belle, emm gimana kalo dewi ikut gabung saama dance kami, dewi suka dance ngak “ ujar maudy
“ emm iya boleh tu bolehh “ ujarku
Dewi menjawab “ emm emang boleh yahh , aku pingin ikut, iya aku suka juga dance “
 “ boleh dong, yee ada personil baru kita ” ujar lala
Aku bersama teman – temanku memang berinisiatif untuk mengajak nya ikut masuk dalam rombongan dance kami wkwkwk, dan diapun langsung menyetujuinya. Kami mempunyai anggota baru, baru beberapa hari kami latihan dia langsung hampir hafal dance nya .
Pada suatu waktu ada sedikit masalah, aku tidak ikut latihan , mereka marah karna aku jarang ikut latihan , itu membuat aku dikeluarkan dari grup cherry belle , di kelas aku hanya menangis dan diam saja kepada mereka dan aku berusaha meminta maaf tapi mereka diam saja. Aku bermain bersama temanku yang beda kelas, dan ternyata itu juga yang membuat mereka marah kepadaku karna aku bermain di beda kelas ( maksud nya iri kali ) hehehe. Aku di gantikan oleh orang lain, sedih bukan , mereka bermain bersama – sama tanpa aku, aku seperti di asingkan, mereka jarang menegur aku, aku sih biasa aja. Keesokan hari nya aku memberanikan diri untuk meminta maaf lagi.
“ aku minta maaf karna aku jarang latihan “ kataku kepada mereka yang sedang berkumpul. Iya kau jarang latihan dikarenakan aku nggak punya kendaraan untuk latihan Aku melewati hari hari seperti biasa aja. Aku bermain di kelas yang berbeda dan teman yang berbeda, aku nggak milih – milih teman, aku bermain dengan siapa saja bebas kenapa mereka marah sama aku, karna semua nya sama tak ada yang beda, aku berteman dengan siapapun. Dan hari semakin berlalu kami saling memaafkan satu sama lain. Kami masih bermain bersama – sama.
Pada saat jam olahraga kami bermain benteng, kami juga bermain kucing dan tikus, kelas kami bergabung VI A dan VI B, kami bermain bersama – sama, kejar – kejaran , dan saat itu aku yang kalah, jadi aku mengejar temanku, pada saat mengejar temanku dia tidak berhenti terus saja berlari, aku pun sampai tidak bisa mengontrol nafasku, pada saat aku berhenti nafasku berdetak kencang sekali.
“ kamu kenapa ” ujar cici
Aku tidak bisa berkata apa – apa karna yang aku rasakan sesak sekali ,
Guruku datang “ ambil minum, ambil minum “
Aku hanya bisa meneteskan air mata karna dadaku sesak sekali,
“ ni pak minum nya “ kata lala
“ minum nak minum “ kata guru olahragaku
Iya aku masih bisa mendengar suara mereka namun aku tak bisa berkata apa – apa lagi.
“ kamu pulang aja nak , tolong nanti sampaikan kepada wali kelas nya kalo pina izin pulang “ kata guru olahragaku tersebut
“ baik pak “ kata temanku bersama – sama
Aku memang lemas sekali pada hari itu dan aku pun pulang di antar oleh temanku. Setelah kejadian itu sampai saat ini aku tidak bisa berlari terlalu lama, karna aku takut jika sesak itu kambuh dan aku sulit untuk bernafas.
Disaat hari perpisahan kami sangat sedih, kami tidak bisa bermain bersama – sama lagi tidak bisa bermain benteng, kasti, bola kaki,. Aku sangat sedih, karna belum tentu di waktu SMP aku menemukan teman / sahabat seperti mereka, pada saat kami bersalaman dengan guru – guru kami menangis kami memeluk mereka. Dan mereka mengingatkan untuk rajin untuk belajar. Pada saat selesai bersalaman dengan guru – guru, kami berfoto – foto, lalu kami kekelas untuk bersalam salaman dengan teman temanku. Kami berpelukan satu sama lain ( maksud nya cewek bersama cewek ) kami menangis bersama – sama. Kami berpisah untuk melanjutkan ke SMP. Good bye sekolahku tersayang terlalu banyak kenangan di sekolah itu sehingga ingin membuat kembali kesana.


Judul Cerita               : Tak Ada Yang Beda Semua Sama
TOKOH                     : Aku ( melpina ), Cici, Maudy, Lala, Ana, dan Dewi
PERWATAKAN :
v  Cici                  : Baik, Ramah
v  Maudy             : Ramah, Baik, Tidak Sombong
v  Lala                 : Agak Sombong, Centil, Orangnya Senstive
v  Ana                 : Baik Hati, Ramah, , Lembut
v  Dewi               : Baik, Lucu
v  Aku( Melpina ): Baik, Pemaaf,
ALUR                        : Cerita tersebut menggunakan alur maju sesuai dengan yang biasa digunakan oleh anak sd seperti biasa, karna dapat dilihat pada paragraph pertama , dimana menceritakan mereka kenal, dan dikenalkan tokoh – tokohnya. Dan cerita ini ada muncul konflik – konflik dan serta ada penyelesaian. Dimunculkan dengan konflik tersebut maka ada juga penyelesainya.
Latar Tempat            : SDN 84/IX Kasang Lopak Alai
Latar Suasana           : Sedih, Senang, Menegangkan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar